Angkasa Pura 2

Rini Soemarno: Izin Pembangunan KA Cepat Jakarta-Bandung Keluar Pekan Depan

Emplasemen OtomotifJumat, 5 Agustus 2016
Rini Soemarno

JAKARTA (Beritatrans.com) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membahas proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Kamis (4/8/2016).

“Izin pembangunan kereta api (KA) cepat Jakarta-Bandung dari Kementerian Perhubungan akan keluar pada minggu depan,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta.

Menurut dia pada dasarnya pembangunan sudah bisa dilakukan secara full minggu depan.

“Proses pendanaan proyek kereta cepat telah masuk tahap penandatanganan kesepakatan antara PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dengan pihak perbankan dari China yang akan dilakukan akan pada minggu depan,” kata Rini seperti dikutip laman kompas.com.

Nantinya, lanjut Rini, proses pencairan dana untuk pembangunan proyek KA Cepat Jakarta-Bandung akan dilakukan secara bertahap.

“Izin pembangunan sudah tidak ada masalah. Minggu depan sudah ada karena banknya sudah membutuhkan itu. Diharapkan pertengahan Agustus dana sudah mengucur,” ucapnya

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Budi cahyono mengatakan walaupun izin pembangunan akan dikeluarkan tetapi masih ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah masalah tanah.

Namun, kata dia, persyaratan tersebut bisa dipenuhi seiring dengan jalannya pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.(helmi/kom)