Angkasa Pura 2

Drainase Di Kawasan Bandara Tjilik Riwut Masih Proses Normalisasi

BandaraSabtu, 6 Agustus 2016
images (22)

PALANGKA RAYA (BeritaTrans.com) – Pengerjaan normalisasi drainase di kawasan Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya terus digenjot. Kondisi di area tersebut dianggap mengalami pendangkalan, terlebih di bawah landasan pacu pesawat. Pengerjaan normalisasi ini rencananya akan dilakukan di sepanjang drainase, termasuk di Jalan Kranggan.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSD) Kota Palangka Raya Hari Maihadi, pihaknya menurunkan alat berat berupa excavator amfibi, dengan harapan, normalisasi saluran air itu cepat tuntas.

“Ini untuk menormalisasi drainase yang masuk ke wilayah bandara,” kata Hari ditemui di aula kantor Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Palangka Raya, seperti dikutip kalreng.prokal, kemarin.

Dijelaskan Hari, saluran air yang berada di kawasan bandara itu berasal dari pengaringan II dan III. Di mana muaranya itulah yang masuk ke area bandara. Tidak hanya itu, drainase juga tembus ke Jalan Kranggan. “Sekarang alat berat itu juga lagi bekerja,” tambahnya.

Saat ditanya kondisi terakhir atas pengerjaan normalisasi, Hari menjelaskan ada perubahan. Dimana aliran air mulai karena endapan lumpur sudah tidak ada lagi. Karena ormalisasi drainase yang dilakukan itu juga untuk membersihkan sampah hingga rumput yang menyumbat saluran air. “Mudah-mudahan bisa mengurangi risiko banjir, apalagi ketika saat musim penghujan nanti,” tambah pria berkacamata itu.

Saat ditanya target penyelesaian, Hari menuturkan pengerjaan normalisasi tersebut menggunakan dana stok kelola yang ada di DBMSD Kota Palangka Raya. Sehingga, seberapa dana yang ada itulah yang mampu dikeluarkan untuk pengerjaan proyek itu. “Kemungkinan besar sampai selesai, yang di dalam bandara sampai Jalan Kranggan,” ungkapnya. (della).