Angkasa Pura 2

Kemenhub Dan Jasa Raharja Bali Gelar Sosialisasi Keselamatan Transportasi Pada Pengemudi

Aksi Polisi Koridor SDMMinggu, 7 Agustus 2016
Kemenhub JR Bali

DENPASAR (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan RI bekerja sama dengan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Bali mengadakan Program AKSI Peningkatan Kualitas Mental dan Disiplin Pengemudi Angkutan Pariwisata pekan lalu di B Hotel Jalan Imam Bonjol Denpasar.

Program ini difokuskan pada peningkatan kualitas mental dan disiplin pengemudi angkutan pariwisata terutama di Pulau Dewata Bali yang merupakan salah satu daerah wisata. Kegiatan diselenggarakan pada 1-4 Agustus 2016, diikuti oleh 30 orang peserta. Peserta merupakan para pengemudi angkutan pariwisata yang telah terpilih mewakili beberapa daerah di Bali.

“Sebagai pengemudi angkutan pariwisata harus mengutamakan keselamatan dan pelayanan kepada penumpang,” ujar Drs. Firdaus Rasyad, MM. Kasubit Promosi dan Kemitraan Keselamatan Direktorat Pembinaan Keselamatan Kementerian Perhubungan RI.

Kementerian Perhubungan menyebutkan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan pelayanan jasa angkutan. Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan peran PT. Jasa Raharja (Persero), sebagai perusahaan BUMN yang memiliki tugas khusus untuk menjalankan UU No. 33 Tahun 1964, mengenai Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang, serta UU No. 34 tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Sementara itu, Kepala Cabang Jasa Raharja Bali dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kepala Bagian Operasional, A. Sumaryo, menyebutkan dalam peraturan perundang-undangan No. 33 Tahun 1964, Para korban kecelakaan penumpang angkutan umum yang sah baik darat,laut maupun udara akan mendapatkan santunan.

“Korban yang berhak atas santunan yaitu setiap penumpang yang sah dari alat angkutan penumpang umum yang mengalami kecelakaan dalam perjalanan yang diakibatkan oleh penggunaan alat angkutan umum, selama penumpang yang bersangkutan berada dalam angkutan tersebut, mulai saat naik dari tempat pemberangkatan sampai ke tempat tujuan,” jelas A. Sumaryo yang didampingi Darsono Kasubag Iuran Wajib saat menghadiri pembukaan sekaligus sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Jasa Raharja Cabang Bali mengedepankan pelayanan prima kepada masyarakat terkait jaminan keselamatan. “Penting bagi para pengemudi angkutan pariwisata untuk mengetahui bagaimana prosedur yang harus dilakukan terkait jaminan keselamatan bagi para penumpang yang menggunakan jasanya,” sebut Kacab Jasa Raharja Bali itu.(JR/helmi)