Angkasa Pura 2

Polda Metro Selidiki Kartu BPJS Palsu

Aksi Polisi SDMMinggu, 7 Agustus 2016
731_Meluas--Kartu-BPJS-Palsu

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Polisi sedang menyelidiki terduga pelaku pembuat kartu BPJS palsu, yang digunakan warga di Puskesmas Koja, Jalan Bhayangkara, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono mengatakan, polisi telah melakukan penyelidikan terkait adanya warga yang berobat di Puskesmas Koja, menggunakan kartu BPJS palsu, sekitar 09.10 WIB, Jumat (5/8/2016).

Dikatakannya, hasil penyelidikan bahwa pengantar pembuatan kartu BPJS palsu itu berinisial DF (43), alamat Jalan Cipucang III RT 08 RW 13, Koja, Jakarta Utara.

“Jumlah kepala keluarga (KK) yang memiliki kartu BPSJ itu sebanyak tujuh KK dengan jumlah pemegang kartu 28 orang,” ujar Awi, Sabtu (6/8/2016).

Ia menyampaikan, kronologi penemuan kartu BPJS palsu, bermula ketika pasangan suami-istri bernama Suhanjoyo dan Isti Komaesih berobat, di Puskesmas Koja, sekitar pukul 08.40 WIB, pada tanggal 26 Juli 2016 lalu.

“Mereka bertemu dengan dr Anita Yuliasari dan diarahkan ke bagian registrasi BPJS untuk input data. Ketika dilakukan input data, nama yang bersangkutan tidak terdaftar di register BPJS,” katanya.

Ia menyampaikan, selanjutnya dr Anita melaporkan kejadian itu kepada Lurah Koja Devika Romadi dan Kepala Puskesmas dr Elisabet.

“Selanjutnya, pasangan suami-istri itu dipanggil Lurah Koja dan ditanya di mana membuat kartu BPJS. Keduanya menjawab membuat kartu BPJS di Ketua RT 08 berinisial DF,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan penyidik, tambahnya, ternyata DF hanya mengantar data-data warga saja. “Sementara yang membuat berinisial I, saat ini dalam penyelidikan,” tandasnya. (ani).