Angkasa Pura 2

Kemenhub Gandeng Pemda Sumut Kembangkan Infrastruktur Transportasi Di Sibolga

Bandara Dermaga Kelautan & PerikananSenin, 8 Agustus 2016
Bandara Sibolga Sumut

SIBOLGA (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke sejumlah proyek infrastruktur transportasi pelabuhan laut dan bandara bahkan pelabuhan perikanan di kawasan Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Banyak fasilitas transportasi yang dikunjungi Menhub saat blusukan ke daerah Sibolga, Sumut tersebut.

Banyak hal menjadi fokus perhatian mantan Dirut Pt Angkasa Pura (AP) II ini. Intinya, Kementerian Perhubungan siap menggandeng Pemda Sumut dan Pemkot Sibolga untuk bersama-sama membangun dan membenahi infrastruktur transportasi sekaligus membangun konektivitas di pantai barat Sumatara Utara itu.

Menhub Budi Karya menjelaskan, pihaknya akan membuat tempat pelelangan ikan yang lebih baik di daerah Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Pelabuhan perikanan menjadi urat nadi perekonomian warga, terutama mereka yang berprofesi sebagai nelayan.

“Pihak Pemerintah Daerah yang menghibahkan aset kepada pelabuhan perikanan untuk dikelola, potensi perikanan di Sibolga akan semakin berkembang,” kata Menhub Bdui Karya saat kunjungan kerjanya ke Pelabuhan Sibolga, Minggu (7/8/2016).

Tingkatkan Konektifitas

Selain untuk melihat langsung penyelenggaraan konektivitas di pelabuhan, Menhub Budi juga meninjau Bandara DR Ferdinand Lumbantobing.

Di akhir kunjungannya, Menhub Budi menjelaskan akan melakukan evaluasi secara detil agar efektivitas penerbangan di Bandara DR Ferdinand Lumbantobing lebih baik lagi.

Terkait dengan adanya keluhan dari masyarakat bahwa tiket pesawat dari dan ke Sibolga dirasakan cukup mahal, Menhub Budi menegaskan Kementerian Perhubungan akan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi maskapai-maskapai yang ingin melayani penerbangan dari dan ke Sibolga.

“Dengan banyaknya maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Sibolga, akan terjadi kompetisi sehingga saya harapkan harganya akan jauh lebih terjangkau,” tukas Menhub Budi.

Seperti Pelabuhan Sibolga, Menhub Budi menyatakan bahwa Bandara DR Ferdinand Lumbantobing juga membutuhkan pengembangan dan perluasan di area terminalnya agar dapat melayani masyarakat dengan lebih baik lagi.

“Pengembangan bandara dan pelabuhan menjadi hal penting yang harus dipelajari karena Bapak Presiden sendiri akan meninjau langsung beberapa pelabuhan dan bandara dalam waktu dekat ini,” pungkas Menhub Budi. (helmi)