Angkasa Pura 2

Penerbangan Internasional Garuda & Anggota Skyteam Pindah Ke Terminal 3 Ultimate Mulai November 2016

Bandara KokpitRabu, 10 Agustus 2016
garuda and skyteam

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Maskapai Garuda Indonesia sudah mulai pindah operasional ke Terminal 3 Ultimate bandara Soekarno Hatta khusus penerbangan domestik. Sedangkan pada November mendatang, semua penerbangan internasional dan maskapai yang tergabung di dalam Skyteam juga ikut pindah ke terminal tersebut.

“November semua maskapai yang tergabung di Skyteam akan pindah, dan semua penerbangan internasional akan pindah ke sini pada Maret 2017,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Kamis (10/8/2016).

Terkait fasilitas pendukung pelayanan di terminal tersebut, Budi menjelaskan Terminal 3 memiliki sistem pelayanan navigasi penerbangan yang independent dengan dilengkapi sistem yang selalu dikembangkan. Selain itu, terminal ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas lainnya seperti x ray dan baggage handling system yang lebih mutakhir dibandingkan yang ada sebelumnya.

Saat ini Bandara Soekarno Hatta memiliki 2 runway dengan 72 pergerakan per jam. Pergerakan penumpang tersebut akan ditingkatkan menjadi 100 pergerakan.

“Cara misalnya dengan meningkatkan exit rapid taxiway dan juga membangun runway ketiga,” jelas Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu.

Saat ini sedang dilakukan pembebasan tanah lokasi pembangunan runway ketiga. “Pembangunan runway baru tersebut akan selesai sebelum pelaksanaan ASEAN Games yaitu pada pertengahan 2018,” ujar Menhub Budi.

Selain beroperasinya Terminal 3, Menhub Budi juga menjelaskan, akan dilakukan revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2. Anggaran yang disiapkan kurang lebih Rp 2 triliun untuk renovasi kedua terminal tersebut.

“Setelah dilakukan revitalisasi, kedua terminal tersebut dapat menampung 40 juta penumpang per tahun sehingga apabila ditambah dengan kapasitas Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta akan dapat melayani 65 juta penumpang setiap tahunnya,” jelas Budi.

Budi menambahkan, selalu melakukan koordinasi dengan PT Angkasa Pura II agar semua kekurangan di terminal baru ini terus dikomunikasikan serta dibenahi. “Saya harapkan agar masyarakat dapat menjadikan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sebagai kebanggaan Indonesia,” pungkas Budi. (va/sumber: tribunnews).