Angkasa Pura 2

Capt. Marihot: Poltekpel Surabaya Siap Buka Sipencatar Jalur Mandiri

SDMKamis, 11 Agustus 2016
Tommy- marihot selamat

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kampus Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya Jawa Timur siap membuka seleksi penerimaan calon taruna (sipencatar) secara mandiri. Kampus pelaut ini siap menerima pendaftaran baru, dengan syarat dan ketentuan diatur Poltekpel Surabaya.

Dengan catatan, jika dalam sipencatar reguler di BPSDM Perhubungan jumlah calon taruna (catar) yang diterima Poltekpel Surabaya belum mencapai kuota.

Poltekpel Surabaya tahun 2016 membuka pendaftaran untuk tiga program studi (prodi), masing-masing nautika, teknika dan Elektro Teknik Officer (ETO).

“Kita lihat saja besok. Kalau jumlah catar yang diterima dibawah kuota, kita akan buka jalur mandiri,” kata Direktur Poltekpel Surabaya Capt. Marihot Simanjuntak,MM menjawab Beritatrans.com, di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Tadi, atas arahan Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, menurut Marihot, setiap kampus diminta menghitung ulang kapasitas kelas dan tenaga dosen yang ada.

“Baru kemudian disesuaikan dengan jumlah catar yang akan diterima. Jika masih kurang, baru membuka sipencatar jalur mandiri itu,” jelas putra Batak itu.

Kendati begitu, tambah Marihot, pihaknya secara teknis siap membuka sipencatar jalur mandiri itu.

Seperti diketahui, papar dia, peminat yang mendaftar ke Poltekpel Surabaya cukup banyak. Tapi karena seleksi yang ketat, banyak peserta sipencatar berguguran di jalan.

“Animo mereka untuk menjadi pelaut yang cukup tinggi itu harus disambut dan difasilitasi dengan baik,” tegas Marihot.(helmi)