Angkasa Pura 2

Kepala BPTJ : Atasi Kemacetan Jalan dengan TDM

KoridorKamis, 11 Agustus 2016
IMG-20160810-WA022

JAKARTA (beritatrans.com) – Atasi kemacetan jalan, terutama di Jabodetabek, menurut Kèpala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Adriani Sinaga, seharusnya dapat menerapkan konsep transport demand management (TDM).

“Konsep ini memaksimalkan efisiensi sistem transportasi perkotaan melalui pembatasan penggunaan kendaraan pribadi dan mendorong moda transportasi yang lebih efektif, sehat, dan ramah lingkungan seperti angkutan umum dan kendaraan tidak bermotor,” urai Elly di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Elly mengemukakan, begitu banyak upaya yang dilakukan pemerintah, upaya memindahkan angkutan pribadi ke angkutan massal di wilayah Jabodetabek.

“Saat ini saja pemerintah tengah mengembangkan dan membangun angkutan massal perkotaan seperti LRT, MRT, BRT, KCJ dan menyelesaikan double-double track,” ungkap Elly.

Namun harus diakui, upaya tersebut tidak akan berhasil mengurai kemacetan, jika tidak ada kebijakan lain yang bisa membatasi banyaknya jumlah kendaraan pribadi di jalan.

“Pemerintah harus terus berusaha membangun berbagai moda angkutan massal untuk selanjutnya memindahkan share penggunanya ke angkutan massal,” imbuh Elly. (omy)