Angkasa Pura 2

Dharmaningtyas: Pelayanan Kapal Pelni Masih Memprihatinkan

DermagaMinggu, 14 Agustus 2016
kapal-pelni

JAKARTA (Beritatrans.com) – Pengamat transportasi dan Direktrur Institut Studi Transportasi (Instrans) Dharmaningtas mencoba naik kapal Pelni dari Tanjung Priok ke Surabaya. Salah satu pelayanan yang kurang baik adalah toilet yang kotor sehingga tidak laik digunakan.

“Pelayanan kapal penumpang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) memprihantinkan. Kondisi tersebut perlu terus ditingkatkan jika ingin merebut simpati masyarakat dan mereka mau beralih menggunakan jasa kapal laut BUMN pelayaran itu,” kata Dramaningtyas di Jakarta, kemarin.

Selain itu, lanjut dia, ada juga beberapa urinor di dalam toilet yang rusak, sehingga tidak bisa digunakan. Makanan yang diberikan oleh pihak operator juga tidak mencukupi.

“Penumpang juga tidak disiplin, sudah dilarang merokok tapi tetap merokok di dalam kamar tidur yang terdapat Air Conditioner,” sebut Staf Pengajar Perguruan Taman Siswa tersebut.

Seperti dikutip laman kompas.com, Dhramaningtyas meminta kepada pihak operator yakni Pelni untuk melakukan upaya-upaya perbaikan dalam hal pelayanan. Upaya-upaya tersebut harus didukung oleh pemerintah.

Kondisi geografis Indonesia dengan 17.000 pulau lebih, seharusnya menjadikan kapal laut sebagai sarana transportasi yang utama. Tapi, semua itu harus diimbangi dengan tingkat pelayaan yang baik pula.

“Selama kualitas pelayanan angkutan laut, termasuk kapal-kapal Pelni masih rendah, sulit mengharapkan masyarakat beralih menggunakan kapal laut. Konsumen adalah raja, mereka harus dilayani dengan baik, sesuai nilai yang mereka bayarkan,” tegas Dharmaningtyas.(helmi/kom)

loading...