Angkasa Pura 2

YLKI: Infrastruktur Transportasi Laut Dan Penyeberangan Masih Buruk

Dermaga Ekonomi & Bisnis KoridorSenin, 15 Agustus 2016
Pelabuhan_Merak_Port_of_Merak

JAKARTA (Beritatrans.com) – Infrastruktur transportasi di Tanah Air yang berfungsi sebagai “jembatan nusantara” masih buruk, khususnya infrastruktur di laut dan penyeberangan.

“Pemerintah khususnya kementerian teknis harus memikirkan dan memperbaiki semua itu. Transportasi merupakan urat nadi pembangunan ekonomi nasional, oleh karenanya harus baik” kata Ketua YLKI Tulus Abadi menawab Beritatrans.com di Jakarta, Senin (15/8/2016).

Dengan jaringan dan infrastruktur transportasi yang baik, jelas Tulus, ekonomi satu daerah bahkan negara akan tumbuh pesat. “Sejarah membuktikan, negara-negara maju dengan pendapatan perkapita tinggi selalu didukung system transportrasi dan infrastruktur yang baik pula,” sebut dia.

“Hampir tidak mungkin membangun ekonomi nasional tanpa membenahi dan meningkatkan sektor transportasi,” kilah Tulus.

Infrastruktur transportasi laut, seperti pelabuhan, kapal dan jaringan serta SDM pendukungnya harus dibangun sebaik mungkin. “Padahal, semua itu seharusnya menjadi basis negara mairitim seperti Indonesia,” kilah Tulus.

Sempai 71 tahun Indonesia Merdeka, tambah Tulus, pelayanan Kapal Pelni masih memprihatinkan. Sejauh ini beum ada manager hebat yang mampu mendongkrak kinerja dan pelayanan Pelni.

“Apakah hal ini karena penumpang kapal masih dianggap “warga negara kelas dua”? Ayo, fokus untuk sektor transportasi laiut ini. Jika digarap secara profesional, bisa menjadi titik point untuk kebangkitan dan kejayaan ekonomi Indonesia,” tegas Tulus.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari