Angkasa Pura 2

Puskepi: Fenomena Lunturnya Nasionalisme Bangsa Indonesia Makin Banyak Terjadi

Another NewsSelasa, 16 Agustus 2016
Sofyano_Zakaria_Puskepi

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kasus-kasus memprihatinkan lunturnya nasionalisme telah merambah ke banyak orang dinegei ini. “Fenomena ini menjadi pekerjaan rumah (PR) besar bangsa ini, terutama pera pemimpinnya,” kata Direktur Puskepi Sofyano Zakaria menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Sofyano memberi contoh ” Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, banyak yang tidak memaknai hari kemerdekaan itu dengan semangat nasionalis yang kental,” kata dia.

Perayaan HUT Kemerdekaan nyaris ditandai hanya dengan perayaan seremonial belaka. “Hampir tidak memaknainya sebagai hari keramat bagi bangsa yang merupakan hari untuk menghargai pengorbanan para pejuang kemerdekaan,” sebut Sofyano.

Selain itu, papar Puskepi, masih banyak veteran pejuang kemerdekaan bangsa hidupnya memprihatinkan. Tetapi mereka nyaris tidak ditoleh oleh masyarakat.

“Bahkan dihari perayaan HUT Kemerdekaan yang mereka perjuangkan dulu, mereka hanya jadi penonton belaka. Nyaris tak terdengar ucapan terimakasih kepada mereka,” tambah Sofyano.

Oleh karena itu, “Kita pantas memberi acungan jempol jika masih ada orang yang peduli terhadap pejuang dan mereka itulah orang yang masih punya nasionalisme pada jiwa dan raganya,” tutup sofyano.(helmi)