Angkasa Pura 2

Bupati Minahasa Tolak Pergantian Nama Bandara Sam Ratulangi

BandaraKamis, 18 Agustus 2016
IMG-20160812-WA0029

TONDANO (BeritaTrans.com) – Bupati Minahasa, Jantje Sajow yang menolak rencana perubahan nama bandara Sam Ratulangi Manado menjadi Manado International Airport oleh Angkasa Pura I.

“Saya tolak keras. Saya mau bandara tersebut tetap menggunakan nama Sam Ratulangi. Apakah Sam Ratulangi International Airport terserah yang penting masih menggunakan nama Sam Ratulangi,” cetusnya seperti dikutip tribunnews.

Menurutnya, Sam Ratulangi sangat berarti untuk warga Sulawesi Utara. “Sam Ratulangi adalah pahlawan nasional dari Sulut, apalagi dia orang Minahasa. Kalau mau diganti itu mencoreng nama Minahasa,” ucapnya.

Dia menegaskan cukup saja tanah yang diberikan kepada Manado jangan sampai nama bandaranya juga ikut diganti jadi MIA. “Nama Bandara Samrat ada nilai historisnya. Nama itu harga diri orang Minahasa,” tegasnya.

Dia siap mempertahankan nama Bandara Sam Ratulangi. “Kami siap untuk membela dan mempertahankan nama tersebut, kalau sampai nanti kita akan demonstrasi,” ujarnya.

Begitu juga Camat Tondano Selatan, Robert Ratulangi. Pria keturunan dari Sam Ratulangi ini menolak jika saja terjadi pergantian nama bandara.

“Kami menolak, sebab Sam Ratulangi adalah pahlawan bagi kami keluarga dan masyarakat Minahasa, kenapa sekarang tiba-tiba mau diganti, tolong hargai masyarakat Sulut,” ujarnya. (della).