Angkasa Pura 2

Djoko: China Gunakan TI Untuk Tingkatkan Keselamatan Lalu Lintas

KoridorKamis, 18 Agustus 2016
CCTV Lalu Lintas

JAKARTA (Beritatrans.com) – Teknologi informasi (TI) telah digunakan untuk menjaga ketertiban dan keamanan berlalu lintas. Sistem itu telah dioperasikan di Kota Beijing China dan hasilnya sangat bagus mampu melayani masyarakat dengan baik serta keselamatan tinggi.

“Dengan TI dapat sangat membantu dan mempermudah pengawasan pelanggar lalu lintas di Beijing China. Dan semua kejadian di jalan raya dapat terpantau dan tersimpan datanya untuk beberapa minggu bahkan bulan lamanya,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Rabu (18/8/2016).

Menurutnya, cukup sulit mendapatkan Polantas yang berdiri di tepi jalan. Pos Polisi tidak tersedia. Tapi, jika ada kecelakaan, Polantas dapat segera ke tempat kejadian perkara (TKP).

“Semoga pengaturan lalu lintas di jalan raya baik Polantas maupun Dinas Perhubungan di setiap kota dapat meniru cara- cara Pekot Beijing China ini,” harap Djoko.

Indonesia, tambah dia, perlu terus memperbaiki dan membangun sistem transportasi yang baik, ramah lingkungan dengan tingkat keselamatan yang tinggi. “Sistem itu mengedepankan angkutan umum, tapi tetap melayani pengguna jalan lain termasuk pesepeda atau pejalan kaki yang ada,” tukas Djoko.

“Yang pasti, Indonesia perlu membangun dan melakukan revitalisasi angkutan umum darat yang ada. Kondisi angkutan umum di Indonesia termasuk Kota Jakarta makin memprihatinkan kalau tak mau disebut hampir mati,” sebut Djoko.

Meski diakui, memang untukk mewujudkan sistem dan pelayanan lalu lintas seperti itu. “Dan yang pasti, perlu punya Kepala Daerah yang visioner dan berwawasan ke depan,” tegas Djoko.(helmi)

loading...