Angkasa Pura 2

Poltekpel Surabaya Resmi Buka Pendaftaran Calon Taruna Pelaut Jalur Mandiri

SDMKamis, 18 Agustus 2016
Capt Arifin Periksa

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kampus Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) resmi membuka seleksi penerimaan calon taruna (sipencatar) pelaut lewat jalur mandiri tahun 2016. Pendaftaran catar akan dilakukan segera setelah calon taruna (catar) reguler masuk diklat di Purboyo, Malang, Jatim.

“Kini, Poltekpel yang mengajukan usulan untuk menerima taruna melalui jalur mandiri. Nanti, syarat, ketentuan dan proses seleksinya murni ditetapkan dan dilakukan pihak Poltekpel,” kata Kepala Pusbang SDM Perhubungan Laut BPSDM perhubungan Capt. Arifin Soenardjo, M.Hum menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Dikatakan, mengenai jumlah dan program studi (prodi) yang akan dibuka dan berapa banyak catar yang akan diterima ditetapkan kemudian oleh Poltekpel Surabaya.

“Semua itu akan disesuaikan dengan kapasitas kelas, asrama, dosen dan instruktur yang ada di Poltekpel. Jadi, berapa banyak taruna yang akan diterima, disesuaikan dengan kapasitas yang ada dan semua catar dipastikan bisa dilayani dengan optimal,” jelas Arifin lagi.

Poltekpel Baru Terima 120 Catar

Poltekpel Surabaya dalam Sipencatar secara terpusat di BPSDM Perhubungan tahun 2016 baru menerima 120 orang catar. Mereka adalah catar Prodi D-III Nautika sebanyak 60 Orang, catar Prodi D-III Teknika sebanyak 30 Orang dan selebihnya catar Prodi Elektro Pelayaran sebanyak 30 Orang.

Mereka itulah yang nanti akan masuk Diklat Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) di Puslatpur 5 Marinir TNI-AL di Purboyo, Malang Jawa Timur. Diklat akan dilakukan secara serentak bersama 2.750-an catar BPSDM Perhubungan seluruh Indonesia.

Diklat tersebut akan dilaksanakan selama bulan dan direncanakan akan mulai dibuka oleh Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si, Selasa tanggal 23 Agustus 2016 mendatang.(helmi)