Angkasa Pura 2

Progres Pembangunan Pelabuhan Telaga Punggur Sudah 60 Persen

DermagaKamis, 18 Agustus 2016
Pelabuhan Umum Telaga Punggur

BATAM (BeritaTrans.com) – Badan Pengusahaan (BP) Batam mengklaim pembangunan Pelabuhan Umum Telaga Punggur, Batam, pengerjaannya sudah mencapai sekitar 68 persen.

Sedangkan biaya yang digunakan untuk menyelesaikan pembangunan itu mencapai Rp 64 miliar.

Diperkirakan pembangunan akan selesai dalam beberapa bulan ke depan

“Akan selesai tepat waktu pada November 2016. Pengerjaannya sudah mencapai 68 persen,” kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono,seperti dikutip tribunnews, Kamis (18/8/2016).

Anggaran yang digunakan untuk pembangunan tersebut berasal dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), masing-masing pada 2015 menghabiskan sekitar Rp46,3 miliar dan 2016 Rp18,63 miliar.

Pelabuhan tersebut akan menjadi pelabuhan Umum Telaga Punggur.

Pelabuhan yang menjadi akses utama dari Kota Batam menuju Ibu Kota Provinsi Kepri di Tanjungpinang.

Pelabuhan umum ini telah di bangun sejak awal 2015 dirancang dan diupayakan menjadi salah satu pelabuhan terbaik di Indonesia.

Dirancang senyaman mungkin untuk penumpang.

“Akan dirancang seperti pelabuhan internasional yang sudah dibangun BP Batam. Sehinga tidak ada ketimpangan antara fasilitas internasional dan domestik,” kata Purnomo.

Luas bangunan untuk lantai satu sekitar 2.997 meter persegi yang akan dimanfaatkan untuk kawasan parkir inap, toko, dan perkantoran.

Lantai dua, seluas 3.031 meter persegi, digunakan untuk areal keberangkatan, UPT Pelabuhan Laut dan kantor-kantor lainnya.

Lantai tiga seluas 3.031 meter persegi, digunakan untuk kawasan kedatangan calon penumpang, dan kawasan penjualan tiket.

Selain membangun Pelabuhan Telaga Punggur, BP Batam juga sudah mulai membangun Pelabuhan Domestik Sekupang yang menghubungkan Batam dengan sejumlah wilayah di Provinsi Kepri, Riau, dan Jambi.

Saat ini pembangunan juga masih berjalan.

Pelabuhan tersebut di bangun dua lantai sama seperti pelabuhan internasional yang terletak tepat pada sisi kanan pelabuhan domestik saat ini. (gus).

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari