Angkasa Pura 2

Selama Agustusan Berlangsung, KN Kujang P.201 Patkesmar di Perairan Semarang

DermagaKamis, 18 Agustus 2016
IMG-20160818-WA007

JAKARTA (beritatrans.com) – Ketika sebagian besar masyarakat Indonesia bersukacita merayakan Dirgahayu ke-71 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2016), kapal patroli Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) atau Sea And Coast Guard Kelas I Tanjung Priok, KN Kujang P.201 melakukan patroli keselamatan maritim dan pengawasan serta pengamanan lingkungan maritim di perairan Semarang , Jawa Tengah dan sekitarnya.

“Kami mendapat perintah dari Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok Kolonel Laut (KH) Ir. Akhmad Sudarto, MT untuk tetap besiapsiaga menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran, meskipun dalam suasana kemeriahan Agustusan,” kata komandan KN Kujang P.201 Sardiman, S.AP, kepada beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans, Kamis (18/8/2016).

IMG-20160818-WA010

Dalam Patkesmar di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia kemarin, KN Kujang P.201 melakukan beberapa pemeriksaan aspek keselamatan pelayaran kepada kapal-kapal yang melintas di perairan Semarang, Jawa Tengah dan sekitarnya.

Salah satunya adalah pemeriksaan yang dilakukan kepada kapal Tug Boat (TB) MBS 25 dari Pulau Pisah tujuan Semarang. Hasil pemeriksaan petugas patroli KN Kujang P.201, kapal tugboat bermuatan pasir sebanyak 4.693 kubik itu tidak ditemukan pelanggaran pelayaran. Dokumen-dokumen kapal pun lengkap. Sehingga diperintahkan untuk melanjutkan pelayaran.

Begitu juga ketika melakukan pemeriksaan terhadap KLM. Dirgahayu Setia I dari Semarang dengan tujuan Banjarmasin. Kapal bermuatan bahan bangunan ini pun memiliki dokumen pelayaran yang lengkap dan masih berlaku.

“Terhadap kapal-kapal yang memiliki dokumen pelayaran lengkap, kami arahkan melanjutkan perjalanan dengan tetap berhati-hati selama dalam perjalanan, terutama terhadap kondisi cuaca yang terkadang sering berubah,” kata Sardiman. (aliy)