Angkasa Pura 2

Menhub Budi Karya: Tawarkan Proyek LRT ke Pengembang Perumahan Di Palembang

Emplasemen KoridorJumat, 19 Agustus 2016
budi karya penumpang kereta

PALEMBANG (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan kepada Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H.Alex Noerdin untuk menawarkan investasi kepada para investor pengembang (developer) perumahan agar diberikan aksesibilitas menginvestasikan angkutan feeder/pengumpan pada satu titik yang dapat menjadi kota baru atau pada kota yang belum terlalu ramai.

“Satu kota kalau sudah diberikan aksesibiltas feeder ini pasti valuenya naik. Tinggal kita pikirkan dimana lokasi titik yang akan menjadi kota baru tersebut,” tutur Menhub Budi Karya saat kunjungan kerja ke Palembang, Kamis (18/8/2016).

Saat Menhub Budi Karya meninjau zona I LRT Palembang. Turut serta hadir Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono, Kadishub Kominfo Sumatera Selatan, Nasrun Umar, Dirut PT Waskita Karya (Persero), Abdul Kholik serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan LRT Palembang, Jumardi.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono mengatakan bahwa proyek yang bernilai Rp11.4 triliun tersebut telah mendekati 11 persen kemajuan. “LRT Bandara Sultan Mahmud Badaruddin sampai dengan Komplek Olahraga Jakabaring memiliki panjang trase 23 kilometer dengan 13 jumlah stasiun dan 9 substasion, ujar Prasetyo.

Ke 13 stasiun dimulai dari St.Bandara Sultan Mahmud II, St.Asrama Haji, St.Telkom, St.RSUD, St.Polda, St.Demang Lebar Daun. Selanjutnya, St.Palembang Icon, St.Dishub Kominfo Prov.Sumsel, St.Pasar Cinde, St.Terpadu Jembatan Ampera, St.Gubenur Bestari-Polresta, St.Stadion Jakabaring, serta berakhir di Stasiun Opi,

Budi Karya menjelaskan kedepannya pembangunan kereta ini akan dikembangkan supaya nantinya tidak mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) namun bisa self development dan self finance sehingga selain memberikan pelayanan pada masyarakat kereta juga merupakan bisnis baru bagi kota-kota di Indonesia.(helmi)

loading...