Angkasa Pura 2

INACA Minta Kepastian Freedom of The Air

BandaraMinggu, 21 Agustus 2016

MEDAN (beritatrans.com) – Bersamaan dengan masuknya Indonesia pada kategori I FAA, Indonesia National Air Carrier Association (INACA) meminta pemerintah untuk memastikan adanya freedom of the air atau kebebasan mengangkut penumpang di negara transit antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Sekretaris Jenderal INACA Tengku Burhanuddin mengatakan, harus diakui untuk penerbangan ke AS masih banyak kendala untuk saat ini, karena ada beberapa hal.

“Dilihat dari segi teknis, seperti kesiapan bandara, maupun dari segi komersial, di antaranya ketersediaan demand,” kata Tengku di Medan, Minggu (21/8/2016).

Dengan adanya kategori I FAA dan maskapai Indonesia bisa terbang ke Amerika. Tetapi, untuk saat ini, tidak ada satu penerbangan pun yang langsung ke Amerika.

Peluang itu menurut Tengku menjadi tantangan bagi maskapai. Karena tidak langsung maka akan melakukan transit di negara tertentu.

“Untuk itu diperlukan kepastian bahwa maskapai yang transit dapat menurunkan dan menaikkan penumpang,” kata Tengku.

Dengan demikian, lanjut Tengku, tingkat keterisian penerbangan bisa terjaga konsistensinya, baik dari Indonesia ke negara transit maupun dari negara transit ke Amerika dan juga sebaliknya. (omy)

loading...