Angkasa Pura 2

Presiden Jokowi dan Menko Maritim Naik Mobil Karnaval Festival Danau Toba

DestinasiMinggu, 21 Agustus 2016
IMG-20160821-WA046

JAKARTA (beritatrans.com) Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta sejumlah menteri Kabinet Kerja, termasuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjajal mobil karnaval dalam Festival Danua Toba di Soposurung, Toba Samosir (Tobasa), Medan, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016).

Presiden Jokowi membuka kegiatan karnaval Danau Toba 2016 dengan memukul gondang telu sebanyak tujuh kali, yang diikuti pemusik.

Kemudian iring-iringan pawai dibuka oleh para penari cawan. Mereka mensucikan jalur defile dengan air jeruk purut. Dilanjutkan dengan para pesilat Simalungun dan Toba membuka jalan.

Para peserta dengan memakai baju adat bergerak satu per satu menuju garis finish sejauh sekitar 3,5 kilometer.

Pada prosesi pelepasan peserta karnaval, dimeriahkan dengan pertunjukan tari lima puak dari subetnis Batak. Tarian ini dibawakan oleh siswi-siswi SMP dan SMA di wilayah Balige. Pertunjukan kemudian dilanjutkan dengan tari lima cawan.

Dimeriahkan juga dengan choir Sik Sik Sibatumanikam yang dibawakan oleh sekitar 100 orang bapak-bapak sebagai penutup upacara pelepasan peserta karnaval. (aliy)