Angkasa Pura 2

Biaya Distribusi Sebabkan Harga Avtur Mahal

Energi KokpitSenin, 22 Agustus 2016
2016-08-22 14.03.49

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Anggota Komisi VII DPR Inas Nasrullah Zubir berpendapat, merupakan hal wajar jika terdapat perbedaan harga jual avtur produksi Pertamina dengan harga avtur di negara lain. Alasannya, banyak komponen yang menyebabkan perbedaan harga tersebut.

“Tidak bisa dikomparasikan, karena kondisinya juga berbeda. Dari sisi geografis saja Indonesia jauh lebih sulit karena terdiri atas banyak pulau,” ujar Inas, Senin (22/8/2016).

Menurut Inas, Indonesia sebagai negara kepulauan dengan wilayah yang luas membuat biaya distribusi avtur menjadi mahal.

Pengangkutan Avtur sendiri saat ini masih dilakukan melalui jalur laut, menggunakan kapal tanker.

Hal ini berbeda dengan negara lain yang wilayahnya bukan negara kepulauan dan distribusinya menggunakan pipa sehingga bisa menekan harga jual.

Di berbagai negara, lanjut Inas, pada umumnya sebagian besar wilayah terdiri atas daratan.

Termasuk Malaysia, Singapura, dan Amerika Serikat, yang sering dijadikan acuan orang untuk membandingkan harga Avtur Pertamina.

Kondisi di berbagai negara tersebut, kata Inas, jauh berbeda dengan Indonesia.

Di sisi lain, Inas juga meminta semua pihak mengerti jika Pertamina menerapkan harga Avtur yang berbeda antara satu bandara dengan bandara lain karena biaya pengapalan menggunakan tanker, biaya kirim di masing-masing bandara tidak sama.

“Jika ingin harga di bandara daerah disamakan dengan bandara di Jakarta, lantas siapa yang menanggung ongkos distribusinya?” kata Inas. (della).

loading...