Angkasa Pura 2

BPPTL Jakarta Tutup Sekaligus Buka Diklat SDM Kompetensi Perhubungan Laut

Dermaga SDMSenin, 22 Agustus 2016
BPPTL Peserta Diklat2

JAKARTA (Beritatrans.com) – Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta menggelar dua acara sekaligus. Pertama penutupan Diklat Teknis Pengawas Pemanduan dan membuka Diklat Port Management Operator (PMO) di Jakarta, Senin (22/8/2016). Mereka dididik dan disiapkan menjadi sumber daya manusia (SDM) profesional di bidang perhubungan laut di Tanah Air.

Penutupan dan pembukaan diklat di Kampus BPPTL Jakarta itu dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Pengembagan SDM Perhubungan laut Capt. Arifin Soenardjo, M.Hum di dampingi Kepala BPPTL Jakarta Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Mar. Ikut hadir Ketua Umum ABUPI Aulia Febrial Fatwa dan tamu udangan lainnya.

Penutupan Diklat Teknis Pengawas Pemanduan diikuti oleh 30 siswa yang berasal dari Kantor Syahbandar dan Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) di berbagai daerah di Indonesia.‎ Sedang Diklat Port Management Operator (PMO) diikuti 14 oran wakil dari Badan Usaha pelabuhan (BUP) swasta di seluruh Indonesia. Dua diantara berasal di Merauke, Papua.

Kadie Penyelenggara Diklat BPPTL Jakarta Capt. Mu’man Yitno S. M.Mar dalam laporan pendidiknya menyebutkan, peserta Diklat Teknis Pengawas Pemanduan berasal dari pegawai Kementerian Perhubungan di pusat dan daerah.

“Mereka berjumlah 30 orang dengan tingkat kelulusan 100%. Sementara, untuk Diklat PMO diikuti 14 orang anggota Assosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI). Dua diantaranya baru bergabung siang ini karena terkendala transportasi yang sulit dari Merauka Papua,” kata Capt. Mu’man.

BPPTL selamat1

Kerja Sama BPPT dan ABUPI

Kepala BPPTL Jakarta Dr. Capt. Mashudi Rofik mengatakan, pihaknya menjalin kerja sama bidang pendidikan dengan ABUPI untuk mendidik dan menyiapkan SDM operator pelabuhan anggota ABUPI di seluruh Indonesia.

“ABUPI akan mengirimkan SDM-nya untuk mengikuti diklat berbagai jenis kimptensi di BPPTL Jakarta, Untuk angkatan pertama ABUPI mengirim untuk Diklat PMO,” Jelas Capt. Rofik.

Sejak menjadi Badan Layanan Umum (BLU), menurut dia, BTTPL Jakarta tidak hanya menerima siswa diklat dari pegawai Kementerian Perhubungan khususnya Ditjen Perhubungan Laut. “Kini, BPPTL Jakarta juga menjalin kerja sama dengan swasta, salah satunya ABUPI,” tukas Capt. Rofik.

Diklat PMO di BPPTL ini, lanjut dia, merupakan diklat angkatan I dan akan dilajutkan di masa mendatang. BPPTL betrsama ABUPI siap mendidik dan menyiapkan SDM kepelabuhan yang andal dan siap bersaing di era global.

“BPPTL didukung tenag dosen dan instruktur andal, bahkan bisa mendatangkan tenaga profesional untuk mengajar sesuai kebutuhan dan jenis diklat di BPPTL Jakarta,” tandas Capt.Rofik.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari