Angkasa Pura 2

Capt. Mashudi Rofik: BPPTL Jakarta Siap Layani 100 Jenis Diklat SDM Perhubungan

Dermaga SDMMonday, 22 August 2016

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta siap menyelenggarakan program pendidikan dan latihan (diklat) sumber daya manusia (SDM) bidang perhubungan laut. BPPTL Jakarta siap menerima siswa dari masyarakat atau dunia usaha serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementeran Perhubungan.

“Saat ini, hampir 100 jenis diklat siap digelar di BPPTL Jakarta. Jumlah itu naik dari kisaran 70 jenis diklat sebelum menjadi Badan Layanan umum (BLU) dulu,” kata Kepala BPPTL Jakarta, Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Mar di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Selama ini, lanjut dia, BPPTL Jakarta melayani diklat PNS Kementerian Perhubungan khususnya Ditjen Perhubungan Laut. BPPTL Jakarta didukung SDM baik dosen atau instruktur andal termasuk tenaga profesional yang siap didatangkan sesuai kebutuhan dan jenis diklat yang ada.

“Sudah ribuan kader pemimpin Kementerian Perhubungan di pusat dan daerah mengikuti diklat di BPPTL Jakarta. Mereka itu antara lain calon pejabat eselon IV, III yang akan segera naik menjadi eselon II di instansinya masing-masing,” jelas Rofik lagi.

Kini, BPPTL Jakarta sudah berubah statusnya menjadi BLU. Lembaga diklat ini tidak lagi menerima subsidi dari APBN. Konsekuensinya, BPPTL Jakarta harus kreatif mencari sumber-sumber penerimaan baru di bidang diklat.

“Sebagai BLU, BPPTL Jakarta menerima siswa dari pihak swasta, yang diawali dengan kerja sama BPPTL Jakarta dengan Assosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI). ABUPI telah mengirimkan 14 kadernya mengikuti Diklat Port Management Operator (PMO) di BPPTL Jakarta,” papar Rofik.

Kerja sama dengan ABUPI sekaligus membuka diklat PMO adalah yang pertama di BPPTL Jakarta. “Setelah Diklat PMO ini, ABUPI akan kembali mengirimkan kader-kader terbaiknya mengikuti diklat di BPPTL Jakarta. Selanjutnya, mereka akan menjadi kader profesional di BUP masing-masing,” kilah Rofik.

SDM Managemen Pelabuhan

Ketua Umum ABUPI Aulia Febrial Fatwa menambahkan, pihaknya untuk tahap pertama mengirimkan 14 kader terbaiknya mengikuti Dikat PMO di BPPTL Jakarta. “Ini baru diklat pertama di ABUPI. Ke depan, ABUPI akan kembali mengirimkan kader-kadernya mengikuti berbagai jenis diklat di BPPTL Jakarta,” kata Aulia.

Salah satu tugas assoaisi seperti ABUPI, lanjut dia, adalah ikut mendidik dan menyiapkan anggotanya termasuk di bidang SDM menjadi lebih baik dan siap melayani konsumen secara prima. “ABUPI peduli untuk itu dan kita mulai mengirimkan peserta diklat ke BPPTL Jakarta ini,” tukas Aulia.

Menjawab pertanyaan Beritatrans.com di jakarta, Senin (22/8/2016), Aulia menabahkan, di bidang SDM kepelabuhanan sebenarnya ada berbagai jenis kompetensi yang membutuhkan keahlian khususnya, seperti manajemen pelabuhan, operator bongkat muat, opetator gudang dan lainnya.

“Sejalan dengan era pasar bebas ASEAN (MEA) semua SDM kepelabuhanan di BUP harus profesional di bidangnya dan mempunyai sertifikat jelas dari lembaga yang berwenang. Dalam ranga itu pula, ABUPI mengirimkan personelnya mengikuti diklat di BPPTL Jakarta ini,” tegas Aulia.(helmi)