Angkasa Pura 2

Darmaningtyas: Semua Pengemudi Angkutan Umum Online Harus Taat Aturan

KoridorSenin, 22 Agustus 2016
Darmaningtys

JAKARTA (beritatrans.com) – Ketua Institut Studi Transportasi (Instran) Darmaningtyas menegaskan bahwa semua pengemudi angkutan umum harus mentaati aturan yang dibuat pemerintah. Pasalnya, hal ini terkait dengan aspek keselamatan dan keamanan bertransportasi, khususnya bagi penumpang.

“SIM A Umum dan KIR kendaraan tidak bisa ditawar-tawar karena menyangkut kompetensi pengemudi dan kelaikan kendaraan bagi keselamatan penumpang,” kata Darmaningtyas menanggapi unjuk rasa para pengemudi angkutan umum online yang memprotes KM Nomor 32 Tahun 2016, hari ini, Senin (22/8/2016).

Darmaningtyas berpendapat, KM Nomor 32 Tahun 2016 merupakan jalan tengah yang bijaksana. Dan para pengelola koperasi yang menaungi angkutan online tidak keberatan. Mereka sepakat untuk melaksanakannya.

“Kalau mereka menggugat bahwa ada taxi reguler yang pengemudinya menggunakan SIM A biasa, bukan berarti mereka tidak perlu ditindak. Siapa pun yang mengemudikan angkutan umum ya harus taat pada aturan untuk angkutan umum,” kata Darmaningtyas.

Seperti diberitakan sebelumnya, ribuan pengemudi angkutan umum berbasis online memprotes KM Nomor 32 Tahun 2016. Aturan ini mewajibkan setiap pengemudi angkutan umum berbasis online menggunakan SIM A umum. Kendaraan yang digunakan juga harus di KIR. (aliy)