Angkasa Pura 2

Kloter 1 Jamaah Haji Diberangkatkan dari Embarkasi Lombok

Bandara KokpitSelasa, 23 Agustus 2016

LOMBOK (beritatrans.com) – Sebanyak 354 calon jamaah haji yang masuk dalam kloter 1 gelombang kedua diberangkatkan dari embarkasi Lombok.

Sebelum diterbangkan, para calon jamaah haji yang berasal dari Lombok Tengah telah tiba di asrama haji Senin sore (22/8/2016). Mereka dilepas Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Amin.

I Gusti Ngurah Ardita General Manager Angkasa Pura I mengungkapkan, untuk seluruh calon jamaah haji langsung naik pesawat setiba di bandara Lombok.

“Pemeriksaan keamanan melalui X ray dilakukan di asrama haji, untuk menghindari penumpukan penumpang di bandara,” ujar Ardita, Selasa (23/8/2016).

Menurut Ardita, pelaksanaan haji tahun ini, kapasitas dinaikkan dari kategori 7 menjadi 8.

“Artinya kita dapat mengoperasikan pesawat yang lebih besar sehingga harus menambahkan fasilitas dan sdm yang diperlukan,” tutur Ardita.

Embarkasi Lombok memberangkatkan 3.596 calon jamaah haji dan 50 Petugas Kloter haji yang terbagi kedalam 11 Kloter dan dilayani maskapai Garuda.

“Keberangkatan kloter ke 11 calon jamaah haji dari embarkasi Lombok akan digabung dengan calon jamaah haji dari embarkasi Makasar kloter ke 27,” kata Ardita.

Kementerian Perhubungan telah melakukan koordinasi dengan para instansi terkait untuk kelancaran pemberangkatan calon jamaah haji, seperti Kementerian Agama, PT AP I, dan operator penerbangan haji yang ditunjuk yakni Garuda Indonesia.

“Dengan koordinasi yang baik dan intensif, diharapkan proses keberangkatan dan kepulangan haji pada tahun ini di Embarkasi Lombok berlangsung dengan selamat, aman, dan lancar,” pungkas Ardita. (omy)