Angkasa Pura 2

Disediakan Lahan 300 Hektar Untuk Pelabuhan Kontainer Di Maluku

DermagaSabtu, 27 Agustus 2016
images (54)

Pemerintah Provinsi Maluku menyediakan lahan seluas 300 hektar untuk proyek pembangan pelabuhan kontainer perikanan terpadu. Pembangunan pelabuhan ini merupakan proyek bantuan dari pemerintah Belanda.

Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, pemprov Maluku telah menemui perwakilan duta besar Belanda di Kota Ambon, Kamis (25/8/2016).

“Pertemuan dengan perwakilan pemerintah Belanda kemarin itu, intinya mereka meminta saya segera putuskan lokasi pembangunan pelabuhan. Mereka butuh lahan 97 hektar tapi kami siapkan 300 hektar,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (26/8/2016).

Said mengatakan, pihaknya mempertimbangkan dua lokasi untuk pembangunan pelabuhan tersebut.

“Lokasinya ada dua antara di Desa Waai atau di Tulehu, di situ ada pelabuhan alam dan akan cocok untuk pelabuhan perikanan,” ujarnya seperti dikutip kompas.

Dia menyatakan, proyek pembangunan pelabuhan kontainer ini murni merupakan bantuan dari pemerintah Belanda, sedangkan pemerintah provinsi Maluku hanya menyediakan lahan.

”Soal anggaran, tenang saja, karena kita tidak akan tanggung apa-apa, yang penting kita jaga stabilitas keamanan semua orang akan bantu kita,” sebutnya.

Dia mengaku sesuai kesepakatan yang dibuat, pemerintah Belanda akan membiayai proyek tersebut.

“Termasuk studi kelayakan akan ditanggung pemerintah Belanda. Saya sudah ketemu Duta Besar Belanda di Jakarta dan beliau sudah menjanjikan itu, jadi daerah tidak mengeluarkan duit lagi,” ucapnya.

Said menyebutkan, terkait rencana proyek tersebut, pemerintah provinsi Maluku juga telah melakukan MoU dengan pihak Pelindo. (ray).