Angkasa Pura 2

KM Sabuk Nusantara (Sanus) 39 kembali Layani Warga Kepulauan Riau

DermagaSabtu, 27 Agustus 2016
KM Sabuk Nusantara 39

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kapal Perintis Sabuk Nusantara (Sanus) 39 dioperasikan kembali oleh PT. Pelni Sabtu (27/8/2016). Kapal perintis ini kembali melayani rute Pelabuhan Kijang, Tanjung Pinang ke berbagai pelabuhan di daerah Kepulauan Riau (Kepri). Kapal itu selesai proses docking dan kini siap melayani masyarakat kembali.

PT. Pelni yang mendapat penugasan dari pemerintah sebagai operator Kapal Perintis siap mengoperasikan kapal Perintis Sanus 39 untuk melayani warga di Kepulauan Riau.

Kapal Sanus 39 telah selesai docking di Batam. Pengoperasian dilakukan setelah dilakukan beberapa pengujian, terakhir Kamis (25/8/2016) kemarin dilakukan pengujian peralatan keselamatan penurunan sekoci sekaligus pelatihan awak kapal dalam kondisi darurat.

Kapal Sanus 39 berkapasitas 420 orang ini akan mengawali pelayaran dari Pelabuhan Kijang Tanjung Pinang Kepulauan Riau, Sabtu siang pukul 11.00. “Dari Kijang menuju Tambelan-Pontianak-Serasan-Subi-Ranai-Pulau Laut-Sedanau-Pulau Tiga-Medai-Kuala Maras-Tarempa-Kijang,” terang Kacab Pelni Tanjung Pinang, Rudi Penturi.

Keberadaan kapal Perintis di Kepri sangat dibutuhkan masyarakat untuk sarana transportasi orang dan barang. Perbaikan atau docking kapal telah selesai dan siap dioperasikan PT. Pelni.

Selama kapal Perintis Sanus 39 docking PT. Pelni melayani warga Tambelan dan pulau di sekitarnya dengan KM. Bukit Raya dan KM. Lawit. “Namun karena KM. Bukit Raya dan KM. Lawit cukup besar, di beberapa pulau kapal tersebut tidak bisa sandar karena pelabuhanya tidak bisa disandari kapal tipe 1.000 penumpang,” tandas Manager Komunikasi Pelni Akhmad Sujadi menambahkan.(helmi)

loading...