Angkasa Pura 2

Menhub: Konsolidasi Dalam Kelola Angkutan Laut Sangat Penting

DermagaSabtu, 27 Agustus 2016
20160827_104031

JAKARTA (BeritaTrans. com) – Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan konsolidasi antar stake holder yang terkait dengan angkutan laut sangat penting. Karena porsi terbesar dalam pergerakan logistik melalui angkutan laut.

Menhub mengatakan itu saat mengunjungi Pelindo II dilanjutkan peninjaun ke Terminal Petikemas New Priok Container Terminal One (NPCT 1), Sabtu (27/8/2016).

Menurut dia, dalam upaya konsolidasi antar stake holder di BUMN, Selasa ini akan digelar rapat yang dihadiri Pelindo, ASDP dan Pelni untuk membahas hal hal yang perlu disempurnakan dalam program angkutan laut.

“Saya sampaikan dalam waktu dekat akan dilakukan konsolidasi dalam BUMN untuk membuat planning terintegrasi menyangkut hal hal yang belum bisa dilaksanakan dalam angkutan laut,” ujarnya.

Menhub menjelaskan dalam program tol laut kita bukan hanya menyediakan kapal untuk melayani daerah tertentu. Tapi bagaimana agar kapal tersebut pulang juga bisa membawa barang supaya harga barang di daerah tertentu menjadi lebih murah. “Jadi tol laut bertujuan mengurangi disparitas harga di suatu daerah dengan daerah lainnya,” ujarnya.

Ditanya kapan peresmian operasi NPCT One? Menhub mengatakan akan disesuaikan dengan ketersediaan waktu Bapak Presiden. (wilam)