Angkasa Pura 2

Kapolri: Polwan Bisa Menjadi Motor Reformasi Mental Di Tubuh Polri

Aksi PolisiMinggu, 28 Agustus 2016
Kapolri Tito dan HUT Polwan

JAKARTA (Beritatrans.com) – Polisi Wanita (Polwan) mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan polisi pria. Kelebihan ini bisa dimanfaatkan untuk membangun kinerja dan kredibilitas Polri terutama dalam menjalankan program revolusi mental di tubuh Polri.

“Kelebihan pertama, Polwan memiliki jiwa sensibilitas yang tinggi. Dari permasalahan kejiwaan, Polwan dianggap cukup memahami sehingga dapat membantu menangani anggota polisi ataupun warga,” kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian pada perayaan Hari Jadi Polwan ke-68 di lapangan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Minggu (28/8/2016).

Sementara itu, lanjut dia, kelebihan kedua Polwan rentan terhadap budaya Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Dia mengklaim satuan polisi itu sangat sulit untuk disogok dan disuap.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian berharap satuan polisi khusus wanita (Polwan) dapat menjadi motor dalam reformasi di instansi Polri. Ini merupakan harapan dari mantan Kapolda Metro Jaya itu pada perayaan Hari Jadi Polwan ke-68 itu.

“Saya berharap dengan segala kelebihan, Polwan yang jumlahnya 27 ribu mereka dapat menjadi motor dalam reformasi Polri,” ujar Tito lagi.

Kapolri berharap, agar Polwan bisa menjadi motor dalam reformasi Polri, menurut dia, dapat diperlihatkan dengan menunjukan eksistensi.

“Caranya yang pertama, mereka bisa menunjukan eksistensi komunitas Polwan, Bhayangkari maupun komandan-komandan ini memberikan pemahaman betul kepada mereka agar kelebihan-kelebihan itu bisa diangkat dan ditonjolkan,” papar Tito seperti dikutip tribunnews.com.

Sementara itu, tambah Kapolri, untuk cara kedua para Polwan itu diberikan kesempatan dengan cara menempati jabatan strategis di instusi penegak hukum tersebut

Olah Raga Bresama

Dalam rangka HUT Polwa ke-68 ini, Kapolri Tito Karnavian bersama 2.498 orang anggota Polri melakukan olah raga bersama. Peserta olah raga itu diikuti oleh 26 orang pejabat utama Mabes Polri, 42 orang pejabat utama Polda dan Kapolres Polda Metro Jaya, 700 orang Polwan Mabes Polri, 1300 Polwan Polda Metro Jaya, 30 orang Bhayangkari Pusat, dan 400 orang Bhayangkari Cabang Metro Jaya mengikuti acara itu.

Olahraga bersama didahului kegiatan gerak jalan santai dengan rute Lapangan Parkir Ditlantas Polda Metro Jaya-Patung Pemuda Senayan-Putar Semanggi-Lapangan Parkir Ditlantas Polda Metro Jaya. Rute ini berjarak sekitar 25 km.

Acara ini mengambil tema “Melalui Olahraga Bersama Kita Perkuat Soliditas Profesionalisme dan Revolusi Mental Guna Kesiapan Polwan Mengamankan Kebijakan Pemerintah”.

Untuk memeriahkan suasana akan ditampilkan atraksi Polwan dengan beberapa kegiatan, seperti Terjun Payung, Moge, Sepatu Roda, Beladiri, dan Debus.(helmi/trib)