Angkasa Pura 2

Garuda Akan Tingkatkan Standar Keamanan Kargo Udara

Bandara KokpitSelasa, 30 Agustus 2016
Cargo (1)

JAKARTA (beritatrans.com) – Maskapai plat merah Garuda Indonesia mendukung Kementerian Perhubungan mendorong Regulated Agent (RA) memenuhi standar keamanan kargo udara.

VP Corporate Communication Garuda, Benny S Butarbutar mengemukakan, peningkatan standar keamanan kargo Garuda ini tidak hanya dilakukan di area Bandara Soekarno-Hatta, namun di seluruh wilayah Indonesia yang dilayani.

“Garuda akan mendorong para RA untuk segera melakukan berbagai penyesuaian khususnya aspek keamanan kargo udara,” uja Benny di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Menurut audit otoritas penerbangan sipili Uni Eropa, standar keamanan kargo udara Indonesia masih memiliki beberapa kelemahan, seperti di areasecurity check point dan pemberian akses orang ke area terbatas kargo.

Garuda akan mengupayakan optimalisasi layanan kargo yang ada, dengan memastikan semua proses mulai dari penerimaan barang dari customer, packing, pengurusan dokumen kargo, pemeriksaan keamanan, prosedur pengiriman, dan cargo handling dari satu station ke station lain berjalan sesuai dengan standar keamanan kargo udara yang ada.

“Upaya ini harus diterapkan dari lini terluar layanan kargo, termasuk RA. Langkah peningkatan keamanan kargo udara ini tentunya akan melindungi maskapai dalam menjalankan operasional kargonya,” kata Benny.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke fasilitas kargo Garuda Indonesia dan tinjauan ke beberapa RA pada Minggu (28/8/2016) dan mengarahkan agar perhatikan pemenuhan standar kargo udara. (omy)