Angkasa Pura 2

Tim SAR KSOP Sunda Kelapa Evakuasi ABK Tenggelam Di Pelabuhan Muara Angke

DermagaMinggu, 4 September 2016
KSOP_Sunda_Kelapa_Mayat

JAKARTA (beritatrans.com) – Tim Search And Rescue (SAR) Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sunda Kelapa, Jakarta Utara, berhasil mengevakuasi Awak Buah Kapal (ABK) yang meninggal akibat tenggelam di perairan Pelabuhan Muara Angke.

“Korban bernama Walah. Berusia 43 tahun. Dia bekerja di kapal KM Murni yang biasa menangkap cumi,” kata Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Letkol. Benyamin Ginting kepada beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Minggu (4/9/2016).

KSOP_Sunda_Kelapa_Mayat_3

Benyamin Ginting menjelaskan, KSOP Sunda Kelapa mendapat laporan kejadian itu dari Kepolisian Sektor Pelabuhan Sunda Kelapa pada Jumat (2/9/2016) sekitar pukul 10.30 WIB. Mendapat informasi seperti itu, Benyamin Ginting langsung memerintahkan Tim SAR KSOP Sunda Kelapa untuk melakukan pencarian dan evakuasi korban.

“Setelah melakukan persiapan, Tim SAR KSOP Sunda Kelapa langsung berangkat ke lokasi kejadian di Dermaga Baru TPI Muara Angke. Tim tiba di lokasi sekitar pukul 11.05 WIB,” ujar Benyamin Ginting.

KSOP_Sunda_Kelapa_Mayat_2

Sekitar pukul 11.30 WIB, Tim SAR KSOP Sunda Kelapa yang terdiri dari Mustamir, Slamet Kistoro, dan Sunarko, mulai melakukan pencarian dengan cara melakukan penyelaman di lokasi yang diperkirakan ABK tersebut tenggelam. Tindak sampai memakan waktu lama, yakni sekitar 45 menit kemudian, atau tepatnya pukul 12.15 WIB, tubuh korban berhasil ditemukan di kedalaman sekitar 6 meter.

Mayat korban kemudian diserahkan ke Polsek Sunda Kelapa untuk penanganan lebih lanjut, termasuk memberitahukan kepada keluarga korban. (aliy)