Angkasa Pura 2

Yudi: Peraih Nilai Terbaik Harus Sampaikan Sambutan Dalam Bahasa Inggris

SDMMinggu, 4 September 2016
Yudi Yudisium PKTJ

TEGAL (Beritatrans.com) – Kampus Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal mulai melembagakan kebiasaan baru bagi para tarunanya, saat yudisium dan wisuda perwira setiap tahunnya.

“Taruna peraih nilai tertinggi, harus menyampaikan sambutan dan menyampaikan pesan dan kesan selama belajar di kampus dengan Bahasa Inggris. Sementara, bagi peraih nilai terbaik kedua, harus mempresentasikan hasil penelitiannya secara singkat dengan Bahasa Inggris pula,” kata Direktur PKTJ Tegal Yudi Karyanto, ATD, M.Sc menjawab Beritatrans.com di Tegal, Sabtu (3/9/2916).

Seperti diketahui, dalam Yudisium dan Wisuda Perwira PKTJ tahun 2016 kemarin, peraih nilai terbaik adalah Bangkit Krisna Bayu, dari Program Studi (Prodi) MKJT (Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan) dengan IPK 3,68. Sementara, peraih nilai terbaik kedua adalah Rahmawati Putri Dianti dari Prodi TKO (Teknik Keselamatan Otomotif) dengan IPK 3,67.

Menurut Yudi, kebijakan tersebut diambil Kampus PKTJ Tegal sekaligus untuk membuktikan, para lulusan diklat transportasi darat itu berkualits baik. Mereka menguasai masalah dan bisa menyampaikan ide dan hasil penelitiannya dengan Bahasa Inggris.

“Meski kemampuan presentasi mereka dalam Bahasa Inggris belum sempurna, itu wajar. Tapi, hal ini merupakan satu langkah maju yang perlu terus dioptimalkan di masa mendatang. Alumni PKTJ Tegal menguasai kemampuan teknis di bidang transportasi, sekaligus didukung kemampuan Bahasa Inggris yang lebih dibandingkan taruna atau mahasiswa lainnya,” tandas Yudi.

Seperti arahan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Dr. Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si seluruh kampus transportasi di lingkungan BPSDM Perhubungan harus meningkatkan dan membekali tarunanya dengan komptensi Bahasa Inggris yang cukup.

“Bahasa Inggris bukan hanya mata kuliah ekstra, tapi wajib dan diujikan kepada seluruh taruna setiap smester. Bahasa Inggris diharapkan menjadi satu nilai tambah bagi calon perwira PKTJ jika lulus kelak,” sebut Yudi.

“Mereka harus lulus toefl 550 sebelum lulus ujian akhir. Saat mereka lulus dan mencari pekerjaan, sudah memiliki satu nilai tambah lagi yaitu mahir dan menguasai Bahasa Inggris yang baik,” papar Yudi menambahkan.(helmi)

loading...