Angkasa Pura 2

Helikopter Suriah Tebar Gas Klorin Ke Aleppo

KokpitRabu, 7 September 2016
suriah

LONDON (BeritaTrans.com) – Pasukan pemerintah Suriah dituduh menjatuhkan bom-bom tong yang berisi klorin dari helikopter ke kawasan pinggiran kota Aleppo.

Pekerja bantuan di kawasan yang dikuasai pemberontak di kawasan itu mengatakan 80 orang cedera dan warga menderita kesulitan bernafas setelah serangan.

Bagaimanapun sebuah penyelidikan yang dipimpin PBB pada bulan Agustus menemukan pemerintah Suriah setidaknya menggunakan klorin dalam dua kesempatan.

Ibrahem Alhaj -seorang pekerja bantuan dari Kelompok Pertahanan Sipil Suriah- mengatakan dia tiba di tempat serangan tak lama setelah helikpoter menjatuhkan tong yang menurutnya berisi empat tabung klorin.

Kelompok itu menuduh pemerintah pimpinan Presiden Bashar al-Assad melakukan serangan gas klorin Bulan Agustus.

Klorin merupakan bahan kimia yang biasa digunakan di industri namun penggunaannya dalam senjata dilarang berdasarkan Konvensi Senjata Kimia.

Dan upaya pasukan pemerintah Suriah mengepung Aleppo, menurut PBB dalam pernyataan Selasa 7 September, sebagai berlangsungnya kembali perang yang brutal.

Dalam laporan ke-12 tentang Suriah, disebutkan sekitar 600.000 orang hidup dalam pengepungan dengan 300.000 terperangkap di kota Aleppo. (bbc.com).