Angkasa Pura 2

Libur Idul Adha, Dirjen Tonny Minta Semua UPT Fokus pada Keselamatan Pelayaran

DermagaJumat, 9 September 2016
IMG-20160803-WA083

JAKARTA (beritatrans.com) – Menjelang libur panjang ari Raya Idul Adha 2016/1437 H pada 12 September mendatang, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Ir. A. Tonny Budiono, MM, meminta agar semua Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut agar tetap fokus pada pengawasan keselamatan dan pengamanan pelayaran.

Permintaan tersebut tertuang dalam instruksi Dirjen Hubla tertanggal 6 September 2016 dengan nomor surat: UM008/64/6/DJPL-16 Tentang Pelaksanaan Pelayanan Publik Serta Pengawasan Terhadap Aspek Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Pada Libur Hari Raya Idul Adha 1437 H.

Melalui surat tersebut Dirjen Hubla menginstruksikan agar seluruh UPT di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut agar tetap memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dan melakukan pengawasan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran selama hari libur nasional tersebut.

Para kepala UPT harus membuat dan melaksanakan jadwal piket pegawai di masing-masing lingkungan kerjanya. Kemudian melaporkan berbagai kegiatannya kepada Dirjen Hubla dalam kesempatan pertama.

Selain mengeluarkan surat instruksi tersebut, Dirjen Tonny mengak tidak melakukan persiapan khusus terkait dengan angkutan laut Idul Adha, mengingat tidak ada lonjakan penumpang yang signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, pengawasan dan pengamanan keselamatan pelayaran telah berjalan secara reguler dan kontinyu.

“Termasuk kegiatan ramp chek kelaiklautan kapal juga telah dilaksanakan secara rutin,” kata Dirjen Tonny.

Dirjen Tonny juga memastikan kepada masyarakat dan pengguna jasa bahwa pelayanan di setiap pelabuhan penumpang berjalan seperti biasa dan sesuai jadwal yang ditentukan.

“Persiapan khusus baru akan kami lakukan pada musim angkutan laut Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, sebagaimana kami lakukan juga pada angkutan laut Lebaran Idul Fitri 2016 yang lalu,” katanya.

Dirjen Tonny mengimbau agar masyarakat yang pergi berlibur dan merayakan Idul Adha di kampung halaman dengan menggunakan moda transportasi laut agar tetap hati-hati dan waspada, serta lebih mengutamakan keselamatan. Perhatikan betul-betul arahan petugas di lapangan. Kepada nakhoda, Dirjen Hubla berpesan agar jangan mengabaikan prakiraan cuaca dari intansi berwenang seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Jangan memaksakan berangkat dan berlayar kalau risiko keselamatannya sangat besar. Utamakan keselamatan di atas segala-galanya. Tanpa kompromi,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Dirjen Tonny menyampaikan selamat berlibur dan merayakan Idul Adha 2016/1437 H. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari