Angkasa Pura 2

Kapolri: Waspadai Arus Balik Libur Idul Adha

Aksi Polisi KoridorSabtu, 10 September 2016
2016-09-10 22.37.26

JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian didampingi Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) irjen Pol Agung Budi Maryoto memantau langsung arus lalu lintas liburan panjang Idul Adha, Sabtu (10/9/2016).

Kapolri memantau arus lalu lintas dari udara menggunakan helikopter.

“Kita bergerak dari Jakarta menelusuri tol Cikampek Bekasi kemudian masuk ke Cikarang Karawang terus sampai Palimanan sampai Brebes Exit Timur ini,” kata Tito di Gerbang Tol Brebes Timur dalam keterangannya.

Hasil pantauan, kata Tito, relatif masih ada beberapa tempat yang terjadi kepadatan lalu lintas.

Namun, kepadatan arus lalu lintas tersebut tidak membuat laju kendaraan berhenti total.

“Umumnya ini padat karena ada beberapa bus yang memang berjalan lambat yah otomatis akan melambatkan yang lain juga,” katanya.

Terjadinya perlambatan arus lalu lintas pun terpantau di beberapa titik keluar masuk rest area.

Ya itu juga membuat ada perlambatan tetapi tidak berhenti semua tidak ada, semua lancar sampai sini kemudian sampai ke Brebes yang kita memang jaga betul jangan sampai terjadi (seperti) peristiwa di idul fitri,” katanya.

Kata dia, di Brebes berdasarkan laporan dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, Sabtu (10/9/2016) pukul 04.00 WIB antrian kendaraan hanya mencapai 500 meter.

“Ini 500 meter, sekarang rekan rekan sudah lihat sendiri sangat cair sangat lancar sekali kita semua mengucapkan alhamdulillah diperkirakan puncak arus mudik itu jumat malam dan hari ini,” katanya.

Tito berharap arus lalu lintas selama libur akhir pekan dan Idul Adha lancar.

Ia memprediksi, Minggu (11/9/2016) kepadatan arus lalu lintas di jalur tersebut akan jauh menurun.

Apalagi, Senin (12/9/2016) kepadatan arus lalu lintas akan sangat menurunkan sekali karena memang Idul Adha jatuh pada hari tersebut.

Meskipun untuk arus mudik dinilai lancar, pihaknya mewaspadai terjadi kepadatan arus lalu litas saat arus balik yang diprediksi terjadi, senin (12/9/2016) sore.

“Kita waspadai waktu arus balik mungkin senin sore sampai dengan selasa itu mungkin akan kita gelar kekuatan yang sama,” katanya.

Penurunan jumlah kendaraan lewat Jalur Brebes Timur saat ini dibandingkan saat Idul Fitri menurutnya tidak lepas dari sejumlah persiapan jajaran kepolisian dan instansi terkait.

“Semua berkat rapat-rapat kordinasi lebih baik sehingga ada kebijakan kendaraan besar untuk tidak masuk ke tol Cikampek Ini sampai ke Brebes juga sangat berpengaruh,” katanya.

Namun, pihaknya akan mengevaluasi kebijakan kendaraan besar dan truk tidak melintas jalur pemudik selama tiga hari. (via/sumber tribunnewa).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari