Angkasa Pura 2

Penilaian Keselamatan Transportasi Dorong Operator Berikan Jaminan Pelayanan Terbaik

Bandara Dermaga Emplasemen Kokpit KoridorSabtu, 10 September 2016
IMG-20160820-WA171

SURABAYA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan kembali mengadakan Penilaian Keselamatan Transportasi /Transportation Safety Award (TSA) kepada seluruh operator angkutan publik untuk periode tahun 2016.

Menurut Kèpala Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan J. A. Barata, kegiatan tersebut dilaksanakan guna mendorong penyelenggara jasa transportasi untuk memberikan jaminan keselamatan yang terbaik kepada para pengguna jasa.

“Dengan kepatuhan terhadap faktor keselamatan yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku pada masing-masing modanya,” jelas Barata dalam Sosialisasi Penilaian Keselamatan Transportasi di Surabaya, kemarin.

Barata mengemukakan, keselamatan merupakan sesuatu yang mutlak dalam transportasi, agar setiap orang terhindar dari resiko kecelakaan selama perjalanan yang disebabkan oleh manusia, alat angkut moda transportasi, dan lingkungannya.

“Penilaian keselamatan transportasi bukan hanya suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan Tim Penilai, tetapi juga merupakan ritual tetap yang harus dilaksanakan oleh masing-masing perusahaan transportasi terhadap internalnya,” imbuh Barata.

Kegiatan Penilaian Keselamatan Transportasi (Transportation Safety Award/TSA) ini merupakan kali ke dua diadakan setelah sebelumnya untuk pertama kali diadakan pada tahun 2015.

Penilaian keselamatan transportasi ini mencakup empat kriteria penilaian yaitu organisasi (dengan bobot nilai 15%), sarana (dengan bobot nilai 40%), SDM (dengan bobot nilai 35%), dan pendukung manajemen keselamatan (dengan bobot nilai 10%).

“Tahun ini, operator yang direkomendasikan Kementerian Perhubungan untuk mengikuti Transportation Safety Award sebanyak 39 operator angkutan publik baik dari BUMN maupun swasta dari sektor transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian,” pungkas Barata. (omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari