Angkasa Pura 2

Dirjen Hubdat: Alhamdulillah, Arus Mudik Libur Idul Adha Lancar

KoridorMinggu, 11 September 2016
dirjen hubdat 6-2

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Arus mudik libur panjang Idul Adha sejak Jumat hingga Minggu (9-11/9/2016) berlangsung dengan lancar. Lalu lintas terus mengalir walau terjadi kepadatan di sejumlah ruas jalan.

“Alhamdulillah..lalu lintas kendaraan dan penumpang berjalan lancar,” ungkap Diejen Perhubungan Darat (Hubdat) Pudji Hartanto kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans, Minggu (11/9/2016) malam.

Mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri tersebut mengemukakan hasil pemantauan dari Pelabuhan Merak hingga exit Tol Brebes memperlihatkan arus lalu lintas kendaraan, kapal dan penumpang mengalir lancar.

Hingga Minggu, arus lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta-Semarang via tol Cikampek, Cipalu, Pejagan dan Brebes Timur terpantau ramai lancar. Begitu juga arus kendaraan yang melintas di jalur pantura juga demikian.

Dia mengungkapkan kendaraan agak tersendat di jalur wisata, terutama Puncak. “Kepadatan di sana karena seperti setiap akhir pekan, memang tinggi kendaraan di kawasan Puncak karena banyak warga yang berwisata,” cetusnya.

Arus lalu lintas tetap lancar, dia mengutarakan walau terjadi peningkatan kendaraan dan penumpang. “Secara nasional, lalu lintas tidak mengalami hambatan,” tuturnya.

Realitas menggembirakan itu, Pudji Hartanto menuturkan karena Tri Siap, yakni siap mematuhi aturan lalu lintas, siap fisik pengendara dan siap kondisi kendaraan.

Pada sisi lain, dia memuji Polri, dinas perhubungan, operator jalan tol, operator bus, operator kapal, operator pelabuhan penyeberangan dan pihak lainnya bekerja dengan lebih baik.

Pudji Hartanto berharap situasi dan kondisi positif itu dapat dipertahankan saat arus balik mulai Senin (12/9/2016) sore). “Kemungkinan lebih padat karena kendaraan balik ke Jakarta saat bersamaan. Berbeda dengan arus mudik, yang kendaraan pergi di hari berbeda-beda,” jelasnya. (awe).

Memasuki H-1 Idul Adha 1437 Hijriyah, arus lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta ke Semarang di jalur Pantura terpantau ramai lancar. Begitu juga di pintu tol Brebes Exit atau Brexit yang terpantau lancar cenderung sepi.

“Sejak Sabtu (10 September) malam hingga Minggu dini hari tadi arus lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta-Semarang via tol Pejagan-Brebes Timur terpantau ramai lancar. Begitu juga arus kendaraan yang melintas di jalur pantura juga demikian,” ucap Kapospam Brebes Exit Iptu Harti, Minggu (11/9/2016).

Adapun dominasi kendaraan yang melintas kendaraan mobil pribadi dan bus dari arah Jakarta-Brebes. Sedangkan truk besar masih melintas meskipun hanya beberapa kali saja.

Sedangkan dari arah sebaliknya, arus lalu lintas yang masuk dari pintu exit tol Brebes Timur-Pejagan atau pun di jalur pantura terpantau ramai lancar.

“Dominasi kendaraan dari arah Barat ke timur mobil pribadi dan bus, tapi truk juga ada yang lewat tapi hanya beberapa unit saja. Demikian pula juga dari arah sebaliknya dari arah timur ke barat,” sambung dia.

Masih kata Harti, arus lalu lintas kendaraan mulai sekitar pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 terpantau lancar cenderung sepi.

“Memang pagi ini arus kendaraan ada penurunan dibanding hari sebelumnya. Pagi ini arus kendaraan terpantau lancar cenderung sepi. Kemungkinan siang sampai sore nanti arus kendaraan khususnya truk besar mulai memasuki tol Pejagan-Brebes Timur dan pantura. Karena truk besar sudah boleh lewat dan saat ini mulai jalan dari arah Jakarta,” jelas dia.

Meskipun arus lalu lintas lancar, sambung Harti, petugas kepolisian tetap bersiaga dan mewaspadai lonjakan arus lalu lintas yang kemungkinan bisa saja terjadi pada sore hingga malam hari nanti.

“Petugas tetap bersiaga di pospam masing-masing, jika terjadi lonjakan arus lalu lintas kendaraan kita langsung koordinasikan dengan petugas di Pospam Palimanan untuk penerapan rekayasa lalu lintas. Kalau ada antrean kendaraan sepanjang 5 kilometer di pintu tol Brexit, arus kendaraan akan diarahkan melalui jalur pantura dan tidak diperkenankan masuk tol Palimanan-Kanci-Pejagan-Brebes Timur,” papar Harti.

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari