Angkasa Pura 2

Pemerintah Diharap Segera Rancang dan Tetapkan Rencana Induk Tol Laut

Dermaga Ekonomi & BisnisSenin, 12 September 2016
IMG-20160407-WA036

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah diharapkan untuk segera mencanangkan dan menetapkan rencana induk tol laut, dari program yang dilatarbelakangi disparitas harga yang cukup tinggi antar wilayah di Indonesia.

Menurut Chaiman Supply Chain Setijadi dalam keterangan tertulisnya, rencana induk diperlukan sebagai acuan kementerian/lembaga terkait dalam mengimplementasikan tol laut.

“Acuan ini juga diperlukan bagi para pelaku dan para pihak (stakeholders) lainnya untuk terlibat dalam program tol laut, termasuk perusahaan-perusahaan pelayaran,” ujar Setijadi, Senin (12/9/2016).

Rencana induk menurut dia, terutama yang mencakup perencanaan rute, pelaku, mekanisme, rencana pengembangan pelabuhann dan infrastruktur lainnya, serta industri pendukung, termasuk galangan kapal.

“Untuk rencana rute, agar mempertimbangkan arus dan volume barang antar wilayah, termasuk potensinya,” ungkap Setijadi.

Setijadi menambahkan, konsep tol laut perlu dikembangkan dan diimplementasikan agar transportasi laut menjadi backbone sistem transportasi multimoda Indonesia yang terintegrasi.

Tol laut diharapkan juga dapat mendorong keseimbangan pertumbuhan wilayah, baik ekonomi maupun industri dengan meningkatnya konektivitas dan arus barang, baik ke maupun dari Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Selanjutnya, dengan pertumbuhan KTI, maka volume pengiriman barang akan meningkat dan balik mendorong implementasi konsep tol laut,” pungkas Setijadi. (omy)

loading...