Angkasa Pura 2

Pertamina Perkapalan Siap Road Show Ke Kampus Pelaut Untuk Rekrut SDM Baru

Dermaga SDMSenin, 12 September 2016
Timbul dan perwira Poltekpel

JAKARTA (Beritatrans.com) – PT Pertamina Perkapalan siap merekrut dan menerima taruna-taruni pelaut, dari berbagai perguruan tinggi kepelautan di Tanah Air menjadi karyawan. Anak perusahaan BUMN Migas itu membutuhkan sumber daya manusia (SDM) pelaut unggul dan profesional untuk memperkuat jaringan distribusi dan pemasaran produk BBM di masa mendatang.

“Kalau dulu mereka yang aktif melamar, kini akan dibalik. Pertamina akan melakukan road show dan datang ke kampus-kampus pelaut untuk mendaftar dan melakukan seleksi pada taruna pelaut di Tanah Air,” kata Assisten Manager Crewing Pertamina Pekapalan Capt. Timbul Arifin kepada Beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

Sesuai rencana, mulai Selasa (13/9/2016) tim rekrutmen Pertamina Perkapalan akan datang ke kampus dan melaksukan seleksi penerimaan calon pegawai disana. “Bagi mereka yang lulus seleksi, akan langsung diangkat menjadi karyawan tetap di Pertamina Perkapalan,” sebut Timbul.

Seperti diketahui, Pertamina Perkapal telah menjalin kerja sama dan menerima kadet-kadet untuk praktek di atas kapal miliknya. Kadet itu berasal dari berbagai perguruan tinggi kepelautan di Tanah Air, seperti STIP Jakarta, PIP Semarang, Poltekpel Surabaya dan lainnya.

Taruna Poltekpel - Pamudjo

Sementara, dari tingkat Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu pelayaran (BP2IP) ada pula kadet dari BP2IP Tangerang, BP2IP Barombong, BP2IP Sorong termasuk beberapa MSK Pelayaran di Tanah Air.

Dikatakan Timbul, selama ini Pertamina Perkapalan banyak merekrut taruna pelaut sebagai kadet di kapal-kapal tangker Pertamina. Mereka itu sekaigus menjadi kesempatan untuk magang dan latihan kerja di atas kapal.

“Bagi kadet yang kinerja dan nilainya bagus, akan ditawarkan untuk bergabung ke Pertamina. Kesempatan ini diprioritaskan kepada kadet-kadet di kapal-kapal Pertamina. Kendati begitum akan tetap ada seleksi sesuai aturan baku di perusahaan,” jelas Timbul.

Pada kesempatan reektutmen tahun 2016 ini, menurut Timbul, pihak Pertamina Perkapalan memprioritaskan kepada kadet-kadet di atas kapal tangker Pertamia. “Bagi kadet di kapal-kapal Pertamina Perkapalan tentu akan diprioritaskan dibandingkan yang lain,” kilah pejabat anak perusahaan BUMN Migas.

“Tapi, harus SDM yang berkinerja serta prestasi yang baik di atas kapal yang akan diterima. Pertamina Perkapalan hanya akan merekerut pelaut-pelaut muda yang baik dan berprestasi,” tegas alumni Prodi Nautika PIP Semarang itu.(helmi)