Angkasa Pura 2

Selama Idul Adha, KN Trisula Kawal Keselamatan Pelayaran di Laut Jawa dan Kalimantan

DermagaSenin, 12 September 2016
IMG-20160910-WA024

JAKARTA (beritatrans.com) – Pada saat sebagian masyarakat Indonesia berlibur dan merayakan Idul Adha 2016/1437 H, kapal patroli dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) atau Sea And Coast Guard Kelas I Tanjung Priok, Jakarta, KN Trisula P.111 tetap melakukan kegiatan patroli keselamatan maritim (Patkesmar) di Laut Jawa dan Kalimantan.

Nakhoda sekaligus komandan KN Trisula P.111 Capt. Handry Sulfian kepada beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans, Senin (12/9/2016) mengatakan, patroli ini sebagai tindak lanjut dari perintah Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan Kepala PLP Kelas I Tanjung Priok yang menghendaki agar aspek keselamatan dan keamanan pelayaran selama liburan Hari Raya Idul Adha 2016/1437 H tetap terjaga.

“Perintah pimpinan tersebut berdasarkan instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Ir. A. Tonny Budiono, MM., dengan nomor surat: UM008/64/6/DJPL-16 Tentang Pelaksanaan Pelayanan Publik Serta Pengawasan Terhadap Aspek Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Pada Libur Hari Raya Idul Adha 1437 H,” kata Handry Sulfian.

IMG-20160910-WA035

Handry Sulfian mengatakan, pada Patkesmar Idul Adha ini KN Trisula P.111 sempat melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal berbendera asing yang sedang berlayar di perairan Laut Jawa dan Kalimantan. Beberapa kapal asing yang diperiksa adalah MV Yue Dian GT 39385 register China, MV Agios Ioannis GT 38938 register Cyprus, dan MV Bellatrix GT 40424 register Liberia.

Menurut Handry Sulfian, semua nakhoda yang kami periksa menunjukan kegembiraannya. Mereka merasa pengawasan yang dilakukan oleh KN Trisula sebagai bagian dari perhatian pemerintah Indonesia terhadap keselamatan dan keamanan kapal-kapal yang berlayar di perairan nusantara.

“Mereka tidak meras terganggung sama sekali dengan pemeriksaan yang KN Trisula lakukan. Justru berterima kasih karena merasa diperhatikan. Bahkan mereka memberikan apresiasi karena meskipun secara nasional sedang berlibur, pemerintah Indonesia tetap aktif menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran,” tuturnya. (aliy)

loading...