Angkasa Pura 2

Banyak Perusahaan Pelayaran Proaktif Merekrut Pelaut Lulusan BP2IP Barombong

Dermaga SDMRabu, 14 September 2016
BP2IP-Barombong1-553x400

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sebanyak 113 perwira lulusan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong Sulawesi Selatan yang ikut Wisuda Terpadu BPSDM Perhubungan tahun 2016 sudah mendapatkan tempat kerja di kapal.

“Kini mereka tinggal menunggu proses administrasi seperti ijazah pelaut dan lainnya yang belum semua keluar,” kata Kabag Umum BP2IP Barombong Capt. Mustamin Latif, M.Mar menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Banyak terjadi sejak mau naik kapal (prala) dan setelah lulus kembali, perwira dipanggil kerja di kapal tempatnya praktik.

Dia menjelaskan banyak perusahaan pelayaran yang proaktif dan langsung meminta beberapa kadet dari BP2IP Barombong yang turun kapal untuk kembali bergabung setelah lulus kelak.

“Banyak perusahaan pelayaran yang proaktif begitu. Tapi jumlahnya berapa mesti dicek lagi,” jelas Mustamin.

Sebelumnya, Kepala BP2IP Barombong H.Irwan, M.Pd, M.Mar.E mengatakan, perwira pelaut lulusan BP2IP Barombong rata-rata langsung bekerja di kapal. “Jika mereka tidak memilih-milih kapal dan siap bekerja keras, maka dalam waktu kurang dari enam bulan sudah mendapatkan tempat kerja di kapal,” kata dia.

Selama ini, banyak alumni BP2IP Barombong yang bekerja dan sukses di perusahaan pelayan nasional dan asing. Mereka ada yang sudah menjadi nakhoda dan ada pula sampai menjadi KKM serta perwira kapal dibawahnya.

“Semua itu membuktikan alumni BP2IP Barombong cukup bagus. Tingkat penyerapan lulusan cukup tinggi, bahkan sebagian sudah dipesan perusahaan pelayaran sejak mereka masih taruna di kampus,” tegas Irwan.(helmi)

loading...