Angkasa Pura 2

Badan Litbang Perhubungan Seleksi Lomba Penelitian Transportasi 2016 Regional Manado

LitbangKamis, 15 September 2016
IMG_20160915_095923_edit

MANADO (beritatrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan kembali menggelar seleksi lomba penelitian transportasi tingkat nasional tahun 2016. Kali ini dilakukan untuk regional Manado, Sulawesi Utara di Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, Manado, Kamis (15/9/2016).

Dekan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Prof. DR. Ir. Jefrey I. Kindangen, DEA., dalam sambutannya menyambut penyelenggaraan seleksi regional lomba penelitian transportasi 2016 ini.

“Ini yang keempat kalinya Universitas Sam Ratulangi dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan seleksi regional lomba penelitian transportasi 2016,” kata Jefrey.

Jefrey mengatakan, kepercayaan yang diberikan pemerintah pusat ini menjadi kebanggaan dan sekaligus tantangan bagi Universitas Sam Ratulangi untuk menyukseskan program nasional tersebut.

“Dengan harapan ke depannya peserta dan pemenang Lomba Penelitian Transportasi dari regional Manado semakin banyak, khususnya yang berasal dari Universitas Sam Ratulangi sendiri,” ujarnya.

IMG_20160915_115025_edit

Dalam sambutannya, Kepala Badan Litbang Perhubungan DR. Ir. Agus Santoso, M.Si, yang disampaaikana oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Antarmoda Ir. Imran Rasjid mengatakan bahwa lomba penelitian transportasi tahun 2016 merupakaan penyelenggaraan lomba yang keempat.

“Tema yang diambil pada lomba penelitian transportasi tahun ini adalah ‘Melalui Inovasi Teknologi Kita Tingkatkan Keselamatan dan Pelayanan Penerbangan’,” kata Agus Santoso.

Menurut Agus, tema Ini sangat penting karena saat ini dunia penerbangan nasional meskipun telah berkembang cukup pesat, tetapi aspek keselamatannya masih menjadi pekerjaan rumah bersama.

“Sehingga melalui lomba ini diharapkan ada inovasi-inovasi di bidang keselamatan dan keamanan penerbangan yang dapat diaplikasikan agar tingkat keselamatan dan keamanan penerbangan lebih terjamin,” katanya.

Seleksi yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian dari seleksi secara nasional yang dibagi dalam 10 regional. Lomba penelitian transportasi regional Manado meliputi Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Sedangkan 9 regional lainnya adalah: Medan (Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Jambi); Palembang (Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung); DKI Jakarta (Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat); Surabaya (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur); Yogyakarta (Jawa Tengah dan DI Yogyakarta); Pontianak (Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur); Makassar (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara); Ambon (Maluku dan Maluku Utara); dan Jayapura (Papua dan Papua Barat).

Peserta lomba juga dibagi menjadi dua kategori yaitu untuk tingkat SLTA/S1 dan tingkat S2/S3. Proses pendaftaran keikutsertaannya mulai 17 Februari 2016 hingga 22 Juli 2016 lalu. Sedangkan proses seleksi tingkat regional dilaksanakan selama bulan September ini.

Masing-masing kategori di tingkat regional diseleksi menjadi tiga peserta yang berhak mempresentasikan hasil penelitiannya untuk ditentukan sebagai juara I, II, dan III. Para pemenangnya kemudian diikutsertakan untuk mengikuti seleksi tingkat nasional.

Total jumlah naskah lomba penelitian yang masuk sebanyak 268 naskah. Terdiri dari kategori SLTA/S1 sebanyak 185 naskah dan kategori S2/S3 sebanyak 83 naskah. Dari regional Manado terdapat 9 naskah lomba penelitian yang terdiri dari 8 naskah kategori SLTA/S1 dan 1 naskah kategori S2/S3.

“Sehingga peserta lomba kategori S2/S3 dapat dipastikan menjadi pemenangnya,” kata Imran Rasjid. (aliy)