Angkasa Pura 2

Pusbang SDM Perhubungan Laut Harus Siapkan SDM Kapal Latih Taruna

Dermaga SDMKamis, 15 September 2016
Ant-1 Wisuda Arifin-pranyoto

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, BPSDM Perhubungan Capt. Arifin Soenardjo, M.Hum mengakui pihaknya harus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang akan mengoperasikan kapal-kapal latih yang dipesan beberapa kampus pelaut di Tanah Air.

“Kapal tersebut, selain untuk latihan taruna juga akan dioperasikan untuk melayani rute-rute perintis di sekitar kampus. Bisa saja rute reguler atau rute mobile sesuai kebutuhan negara,” kata Arifin saat dikonfirmasi Beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

Sesuai rencana, dari enam paket pembangunan kapal latih BPSDM Perhubungan, salah satunya akan selesai dibangun sekitar Maret-April 2017 mendatang. “Kapal latih untuk Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta diproyeksikan akan selesai lebih dahulu,” jelas Arifin.

Menurutnya, terkait rencana pengoperasikan kapal latih untuk rute perintis itu akan dioordinasikan antara Pusbang SDM Perhubungan Laut dengan Direktorat Lalu Lintas Laut, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Itu urusan adminitrasi di pemerintahan. Kita optimis masalah perizinan itu bisa diselesaikan antara BPSDM Perhubungan dengan Ditjen Perhubungan Laut khususnya Dit Lala. Untuk pengawakannya, bisa dibahas dengan Ditkappel,” papar Arifin.

Selanjutnya terkait penyandaran kapal latih untuk STIP Jakarta nanati bisa dititipkan di dermaga PLP Jakarta atau Disnav Tanjung Priok. Itu dermaga milik negara yang bisa dimanfaatkan bersama.

“Sejauh ini, STIP belum mempunyai dermaga sendiri. Nanti kapallatih itu bisa dititipkan di Tanjung Priok, khususnya dermaga PLP atau Disnav Tanjung Priok,” tandas Arifin.(helmi)