Angkasa Pura 2

Ribuan Pengemudi Menyetir Sambil Main Pokemon Go, Banyak Berujung Tabrakan

KoridorSenin, 19 September 2016
images (40)

LONDON (BeritaTrans.com) – Ribuan orang bermain Pokemon Go sambil mengemudikan mobil, kata sebuah tim peneliti yang mempelajari hal itu melalui posting-posting media sosial AS.

Terjadi “lebih dari 110.000 kasus, pengemudi atau pejalan kaki terganggu oleh Pokemon Go,” tulis studi yang menyorot aktivitas Twitter selama 10 hari, seperti dikutip bbc.com.

Banyak yang berujung pada tabrakan, kata para dokter yang terlibat di penelitian itu.

“Oh Tuhanku, saya menangkap Pokemon dan (sambil) mengemudi,” bunyi salah satu cuitan itu.

Pengguna lain menulis tentang bagaimana pejalan kaki dihadapkan pada bahaya, baik dari pengemudi yang bermain Pokemon Go, atau saat mereka sendiri bermain game itu.

“Baru saja melihat seorang anak terserempet mobil yang mencoba menangkap Pokemon,” tulis sebuah posting.

Ada juga yang menulis: “Baru saja mendapatkan pengalaman pertama bahwa ada anak yang berjalan begitu saja depan mobil saya karena asyik bermain Pokemon Go.”

Bulan Agustus lalu, seorang perempuan tewas ditabrak mobil yang sopirnya asyik bermain Pokemon Go.

Para peneliti juga melihat laporan media antara 10 dan 20 Juli dan menemukan 14 tabrakan yang terkait dengan Pokemon Go.

Salah satunya adalah pengguna yang mobilnya menabrak sebatang pohon.
Niantic, pembuat Pokemon Go, telah memasukkan sistem peringatan jika pengguna terdeteksi sedang bermain saat berkendara pada kecepatan tinggi.

Pemain akan diminta untuk mengklik tombol untuk mengkonfirmasikan bahwa mereka penumpang, bukan pengendara.

Tetapi penulis laporan yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association itu mengatakan ada langkah-langkah lain yang bisa diambil untuk melindungi keselamatan publik.

“Game itu mungkin bisa dibuat tidak dapat diakses untuk jangka waktu tertentu setelah terlampauinya suatu kecepatan mengemudi, karena menurut pengamatan kami para pemain banyak yang bermain game ini sambil mengendarai mobil,” tulis mereka.

“Pada saat yang sama, game itu mungkin bisa dinonaktifkan kalau berada dekat jalan raya atau tempat parkir untuk melindungi pejalan kaki dan sesama pengemudi, mengingat banyaknya laporan gangguan di sini.

“Permainan ini bisa juga memasukkan peringatan yang jelas tentang keselamatan mengemudi dan pejalan kaki.”

Dalam pernyataan kepada BBC, Niantic mengatakan di dalam aplikasi itu sudah terdapat peringatan yang menyebutkan bahwa pengguna tidak boleh bermain game saat mengemudi.

“Kami memperlakukan keselamatan pemain secara serius dan ingin semua orang mendapatkan pengalaman yang fantastis dalam menjelajah namun tetap aman bermain Pokemon Go,” kata pernyataan mereka.

“Pokemon Go tidak dimaksudkan untuk dimainkan saat mengemudi.
“Kami mendesak semua orang untuk mengemudi sambil melakukan aktivitas di ponsel, apakah itu bermain game, menulis atau membaca pesan, atau apa pun.” (gus).

loading...