Angkasa Pura 2

Terminal Tipe A DKI Dikelola Pemprov dan Diawasi Kemhub

KoridorSenin, 19 September 2016
IMG-20160803-WA050

JAKARTA (beritatrans.com) – Terminal tipe A yang melayani Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) khusus untuk DKI Jakarta, akan dikelola Pemrov dan diawasi Kementerian Perhubungan.

Sore tadi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau akrab disapa Ahok bertemu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kemhub, Jakarta.

Menurut Ahok, pertemuan itu dilakukan untuk menyamakan persepsi mengenai Undang Undang pengelolaan terminal tipe A, dimana salah satu ayatnya menyebutkan bahwa pengelolaannya diambil Kemhub.

“Kalau untuk DKI kita bangun sendiri karena daerah khusus, Menhub akan menugaskan kami untuk melakukan standar minimum (Standar pelayanan Minimun-SPM, red),” ujar Ahok.

Menurut Ahok, dalam pembangunan terminal tipe A, pihaknya mengeluarkan biaya sendiri, tidak dibangunkan oleh pemerintah seperti daerah-daerah lainnya.

“Asetnya juga punya kami, kalau di daerah beda,” tutur Ahok.

Menhub Budi mengatakan bahwa terminal tipe A seperti Pulogebang dibangun DKI, regulasinya yang dibuat oleh Kemhub.

“DKI mengoperasikan bahwasannya ada peraturan yang masih kurang, nanti akan dibuat suatu Permen karena pada dasarnya khusus Jakarta dimungkinkan untuk mengelola dan memiliki (terminal),” urai Budi.

Ahok menambahkan bahwa DKI tidak tahu bagaimana standarnya suatu terminal tipe A. Seperti misalnya mesti ada pendinginnya, tempat duduknya, kursi semua, harus bagus, dan lain sebagainya. (omy)

loading...