Angkasa Pura 2

Mengintegrasikan Terminal Tirtonadi Dan Stasiun Solo Balapan

Emplasemen KoridorRabu, 21 September 2016
Tirtonadi1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo Jawa Tengah membangun fasilitas dan infrastruktur yang menghubungkan Stasiun Balapan dengan Terminal Tirtonadi.

“Proyek itu menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Terminal Tirtonadi sepanjang 450 meter,” kata Pakar transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno kepada beritatrans.com di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Menurutnya, pembangunan proyek integrasi antar moda transportasi itu sangat bagus dan perlu ditiru dan dikembangkan di daerah lain di Tanah Air.

“Jika proyek fisik itu sudah jadi dan dioperasikan akan sangat baik. Bisa menjadi contoh integrasi fisik antar moda transportasi yang baik dan memudahkan disabilitas, lansia,” jelas Djoko.

Tirtonadi2_edit

Integrasi Antar Moda Transportasi

Trend pembangunan infrastruktur transportasi ke depan harus makin efisien, terintegrasi, aman, nyaman dan yang pasti memiliki standar keselamatan yang tinggi.

“Bukan hanya di Solo dengan mengintegrasikan antara moda jalan raya dan kereta api (KA). Daerah lain juga perlu mengembangan proyek serupa sesuai kondisi dan kebutuhan yang ada,” papar Djoko.

Jika mungkin, seluruh moda transportasi baik moda angkutan udara, darat, laut dan KA dibangun dan diintegrasikan yang baik. Jadi, perpindahan antar moda lebih mudah dan cepat serta efisien dan murah harganya,” tegas Djoko.(helmi)