Angkasa Pura 2

445 Catar PIP Makassar Tahun 2016 Siap Masuk Kampus Terpadu Salodong

SDMKamis, 22 September 2016
Wahid tommy

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar siap menerima calon taruna (catar) baru tahun 2016 yang baru saja menyelesaikan Masa Dasar Pembentukan Karaktar (Madatukar) di Puslatpur 4 Purboyo, Malang Jawa Timur.

“Sebanyak 445 catar dari tiga program studi (prodi) Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK) siap masuk kampus untuk menjalani program pendidikan dan latihan (diklat) di kampus PIP Makassar,” kata Direktur PIP Makassar H. Ahmad Wahid, ST, M.Mar.E menjawab Beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, semula PIP Makassar menerima 450 catar tahun ajaran 2016/2017 ini. Tapi sampai batas akhir daftar ulang ternyata ada lima catar yang mundur atau tidak melakukan daftar ulang. “Akhirnya hanya sejumlah 445 catar yang dikirim PIP Makassar untuk mengikuti Madatukar Taruna Transportasi BPSDM Perhubungan tahun 2016 ini,” jelas Wahid.

Seluruh catar baru PIP Makassar akan menjalani pendidikan di Kampus Terpadu Salodong (Kampus PIP yang baru). Sejak dua tahun silam, kampus PIP di Salodong sudah mulai digunakan untuk kegitan belajar mengajar taruna.

“Asrama taruna, ruang makan serta ruang kelas untuk belajar mengajar juga sudah siap digunakan. Selain itu, fasilitas diklat seperti simulator dan alat praktek lainnya juga terus ditambah dan disempurnakan di kampus terpadu ini,” papar Wahid.

Sesuai rencana, lanjut dia, seluruh catar tahun 2016 ini akan menjalani masa basic pendidikan sebagai taruna pelaut di kampus PIP Makassar. Mereka harus tinggal di asrama dan belajar di kampus, belum ada waktu pesiar atau libur sampai masa basic selesai.

“Selama masa basic itu pula, catar belum boleh ditengok keluarga atau tidak diizinkan pergi meninggalkan kampus. Semua itu menjadi program baku bagi calon taruna pelaut termasuk di Kampus PIP Makassar,” kilah Wahid.

Sebelumnya, Kepala BPSDM Perhubungan Dr. Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si mengatakan seluruh proses Madatukar Taruna Transportasi 2016 berjalan aman dan lancar. Sebanyak 2.651 catar transportasi dari seluruh matar di lingkungan BPSDM Perhubungan berhasil menyelesaikan program Madatukar 2016 dengan hasil memuaskan.

“Setelah menyelesaikan Madatukar 2016 di Purboyo Malang ini, seluruh catar BPSDM Perhubungan akan kembali ke kampus untuk memulai diklat yang sebenarnya di kampus masing-masing. Termasuk catar PIP Makassar akan segera masuk kampus terpadu di Salodong, Makassar Sulawesi Selatan,” tandas Tommy, sapaan akrab dia.(helmi)

loading...