Angkasa Pura 2

Disnav Kupang Gelar Peringatan Hari Menara Suar Se-Dunia

DermagaKamis, 22 September 2016
IMG_20160922_083622

TIMUR TENGAH UTARA (BeritaTrans.com) – Kantor Distrik Navigasi Kelas II Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar upacara peringatan Hari Menara Suar Se-Dunia dan Nasional yang jatuh hari ini, Rabu (22/9/2016). Peringatan tersebut digelar di Menaraa Suar Wini yang terletak Desa Humusu Wini, Kec. Insana Utara, Kab. Timur Tengah Utara, NTT. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT Richard Djami.

Richad Djami saat menyampaikan sambutan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Ir. A. Tonny Budiono, MM., mengatakan bahwa peringatan Hari Menara Suar yang selalu dilaksanakan setiap tanggal 22 September merupakan momen untuk mengingatkan bahwa beta pentingnya peranan kenavigasian, termasuk Menara Suar dan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) lainnya dalam keselamatan pelayaran.

IMG_20160922_083425

“Bahkan menara suar tidak hanya berfungsi sebagai upaya keselamatan dan keamanan pelayaran, serta perlindungan lingkungan maritim. Melainkan juga sebagai penjaga batas wilayah kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia,” kata Dirjen Tonny.

Contohnya adalah Menara Suar Wini yang menjadi tempat upacara Hari Menara Suar Se-Dunia dan Nasional Distrik Navigasi Kupang, hari ini. Letak Menara Suar Wini sangat strategis karena berada di tapal batas Republik Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL).

IMG_20160922_090526

“Keberadaan Menara Suar Wini semakin mempertegas keberadaan Indonesia di perbatasan, sekaligus sebagai wujud keikutsertaan Kementerian Perhubungan mewujudkan pembangunan dan mengembangkan ekonomi masyarakat yang tinggal di perbatasan negara sesuai dengan konsep Nawa Cita Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,” ujar Tonny.

Pada kesempatan itu juga Dirjen Tonny menyampaikan bahwa peringatan Hari Menara Suar Se-Dunia dan nasional hari ini, dilaksanakan pula oleh kantor-kantor Distrik Navigasi lain di seluruh Indonesia.

IMG_20160922_083511

Ia berharap, di masa datang peringatan Hari Menara Suar tersebut tidak hanya dilakukan oleh Unit-unit Pelaksana Teknis kenavigasian, tetapi juga diperingati oleh masyarakat Indonesia. Sehingga tumbuh kepedulian masyarakat bahwa Menara Suar bukan hanya sebagai SBNP untuk menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran, tetapi juga menjaga keutuhan NKRI.

Kepada para Penjaga Menara Suar (PMS), Dirjen Hubla berpesan agar mereka tetap berdedikasi tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

IMG_20160922_084106_edit

Dalam rangkain kegiatan peringatan Hari Menara Suar tersebut Distrik Navigasi Kupang mengibarkan bendera merah putih ukuran raksasa dengan Menara Suar Wini sebagai tiangnya. Kemudian pemberian penghargaan kepada PMS berprestasi yang serahkan kepada Agustinus Mulle. Selain itu diberikan juga santunan berupa alat-alat tulis kepada para Siswa SD, SMP, dan SLTA lingkungan sekitar menara suar. Penghargaan dan santunan diserahkan langsung oleh Kepala Distrik Navigasi Kelas II Kupang, Paulus Tantu.

Turut hadir dalam upacara tersebut muspida setempat, termasuk pihak TNI, Polri, dan para tokoh masyarakat. Dan yang tergolong istimewa, para tentara penjaga perbatasan RI-RDTL juga turut menjadi peserta upacara. (aliy)

loading...