Angkasa Pura 2

Kapal Pesiar Dari 20 Negara Siap Hadir Pada Sail Selat Karimata 2016

Dermaga DestinasiKamis, 22 September 2016
Sail_Karimata

JAKARTA (beritatrans.com) – Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin mengatakan, antusias Sail Selat Karimata cukup baik. Peserta dari 20 negara telah konfirmasi untuk merapatkan barisan dengan mendatangkan kapal pesiar (yacht) pada acara yang dilangsungkan 15 Oktober 2016.

“Kapal yacht (kapal wisata) yang resmi terdaftar 36. Kita harap ada 50. Itu dari 20 negara, mereka sekarang sudah mulai masuk di Ketapang. Abis situ ke Kayong,” tutur Safri Burhanudin usai mendampingi Menko Maritim Luhut Binsan Pandjaitan melepas Tim Sail Selat Karimata di Dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Seperti diketahui, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bersama pihak terkait seperti Kementerian Pariwisata dan didukung pelaku wisata bahari kembali menghelat penggelaran even pariwisata internasional Sail Selat Karimata 2016. Perhelatan ini akan dilaksanakan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Safri mengatakan, fasilitas guna menunjang acara Sail Selat Karimata terus dipersiapkan. Kayong utara itu salah satu wilayah pemekaran Ketapang. Baru sekitar 11 tahun pemekarannya. Fasilitas terbatas, jumlah kamar hampir 200 kamar, termasuk melati. Sisanya ditampung di Ketapang dengan jumlah 1.000 kamar disiapkan termasuk buat hotel bintang 5.

“Kita siapkan kapal khusus untuk ke Marina misal, tempat mereka berlabuh, biasanya kan ada hotelnya. Tapi kami siapkan juga fasilitas air bersih dan lainnya,” ujarnya.

Dia pun berharap, melalu perhelatan Sail Selat Karimata 2016 jumlah wisatawan mancanegara akan meningkat. “Target wisatawan, kita harapkan karena ini bagian dari tumbuhkan wisatawan,” tandasnya.(wilam)

loading...