Angkasa Pura 2

Dua Pintu Masuk Barang di Papua Ditetapkan Kemenhub

Bandara DermagaJumat, 23 September 2016
Menhub Sentani 2

JAYAPURA (beritatrans.com) – Terus melakukan perbaikan layanan, Kementerian Perhubungan menentukan dua pintu masuk barang di wilayah timur Indonesia, yakni di Papua.

“Kita ingin ada suatu improvement dari suatu layanan perhubungan di Papua,” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jayapura, Kamis (22/9/2016) dalam rilis yang diterima beritatrans.com, Jumat (23/9/2016).

‎Titik-titik strategis pun ditentukan Menhub guna mendukung pelayanan transportasi di Papua terutama moda laut dan udara. Kedua transportasi ini dipilih mengingat transportasi darat di Papua dipandang masih kurang mendukung seperti biaya yang besar,  jarak yang jauh, karena kondisi geografis yang tidak mudah.‎

“Dua titik sebagai pintu masuk barang ke Papua yaitu Sentani dan Timika,” tutur Menhub.

Menhub akan segera menggunakan Pelabuhan Timika untuk jalur masuk barang ke Papua. Dengan akan dioperasikannya Pelabuhan Timika diharapkan distribusi barang akan dapat dilakukan ke Dekai dan Wamena.

Menhub berharap, barang-barang yang masuk ke Papua melalui laut bisa tiba dan terdistribusi dengan baik ke seluruh Papua.

“Akan ditetapkan teknis barang-barang laut bisa tiba di Papua dan terdistribusi dengan baik ke seluruh Papua bukan di sekitar pantai saja,” kata Menhub.

Pada kesempatan itu Menhub juga berjanji akan melakukan perbaikan pelayanan khususnya di Bandara Sentani dalam menghadapi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Jayapura. 

Selain ke Jayapura, Menhub juga melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Papua seperti Timika, Ilaga di Kabupaten Puncak, Dekai Kabupaten Yahukimo, Wamena Kabupaten Jayawijaya, dan terakhir Sorong. 

“Hal ini dilakukan untuk melakukan evaluasi demi perbaikan pelayanan transportasi di Papua,” pungkas Menhub. (omy)