Angkasa Pura 2

Avsec Bandara Syamsudin Noor Gagalkan 4 Penumpang Lion Air Bawa Sabu 4,2 Kg

Bandara KokpitSabtu, 24 September 2016
images (30)

BANJARBARU (BeritaTrans.com) – Upaya penyeludupan narkoba jenis sabu 4,2 kilogram lebih melalui jalur penerbangan regular Bandara Syamsudin Noor berhasil digagalkan perugas aviation security (Avsec).

Empat orang tersangka calon penumpang penerbangan pesawat Lion Air JT 227 tujuan Surabaya, dicegat dan dibatalkan keberangkatannya pada Jumat (23/09/2016) siang jelang waktu salat Jumat karena kedapatan membawa paket sabu.

Sumber banjarmasinpost di Bandara Syamsudin Noor, menyebutkan ada sebanyak lima paket besar sabu yang masing-masing beratnya 800 gram lebih . Empat paket besar sabu ditemukan dari tiga tersangka, satu di antara tersangka ada yang membawa dua paket sekaligus.

Satu paket SS lagi ditemukan dalam ruang toilet bandara. Total berat paket sabu seluruhnya mencapai hingga 4,2 kilogram.
Informasi terbongkarnya penyeludupan sabu ini bermula dari sistem detector X-Ray pintu check in keberangkatan bandara yang mendeteksi adanya paket barang mencurigakan pada tas. Setelah diperiksa ternyata ditemukan paket sabu.

Petugas security aviaton (avsec) Bandara Syamsudin Noor langsung mengamankan penumpang yang membawa tas tersebut.

Hasil pengembangan cepat dari tersangka yang sudah terjaring, dua kawanan tersangka lainnya ternyata sudah lebih dahulu lolos bahkan menduduki seat pesawat.

Tapi keberangkatan keduanya pun dibatalkan dan ikut ditarik diamankan. Tiga dari empat tersangka tercatat sebagai warga Banjarmasin.

Hasil pengembangan di antara tersangka ternyata sempat membuang paket sabu ke dalam toilet dan petugas berhasil menemukan satu paket sabu besar ukuran serupa di toilet keberangkatan.

General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan, tak menampik terjaringnya penumpang bandara menyeludupkan sabu. “Mohon maaf, kami tidak dapat memberikan keterangan apapun silakan langsung ke BNNP Kalsel ya,” singkat Handy.